home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ketahui Resikonya, 'Bulan Darah Biru' dan Dua Fenomena Lain Akan Hiasi Langit Indonesia

Selasa, 30 Januari 2018 17:20 by reinasoebisono | 10553 hits
Ketahui Resikonya, 'Bulan Darah Biru' dan Dua Fenomena Lain Akan Hiasi Langit Indonesia
Image source: Space Trendolizer

DREAMERS.ID - Tak hanya Supermoon, ternyata akan ada 3 fenomena langit sekaligus terjadi dan dapat disaksikan secara langsung di Indonesia pada 31 Januari besok. Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika pun menuturkan jenis, waktu bahkan resiko yang akan ditimbulkan.

Melansir laman Kompas, akan terjadi Supermoon, Bulan Biru dan Blood Moon yang akan berlangsung dalam satu malam. gerhana bulan yang akan berwarna biru itu berlangsung selama 5 jam 20,2 menit, tepatnya dari pukul 17.49 WIB hingga 23.09 WIB.

Sayang dilewatkan, karena Indonesia jadi salah satu negara yang bisa menyaksikan langsung peristiwa langka yang terakhir terjadi 150 tahun yang lalu itu. Nyatanya, keindahan bulan malam itu harus diwaspadai karena menimbulkan beberapa resiko pada alam.

Salah satunya adalah pasang air laut jadi maksimal dan terjadi di sejumlah daerah seperti Sumatera Barat, Sumatera Utara, selatan Lampung, utara Jakarta, utara Jawa Tengah, utara Jawa Timur, dan Kalimantan Barat.

"Pasang air laut mencapai 1,5 meter, meski juga dapat terjadi air laut surut 100 sampai 110 sentimeter pada tanggal 30 Januari hingga 1 Februari 2018," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. "Kami minta untuk diwaspadai karena fenomena super blue blood moon dapat mengganggu transportasi akibat adanya rob atau pasang maksimum, dan juga dapat mengganggu aktivitas petani garam, perikanan darat serta kegitan bongkar muat di pelabuhan,"

Selain itu, BMKG juga memperkirakan cuaca hujan sedang hingga lebat hingga Sabtu (3/1) mendatang di 21 provinsi di Indonesia. Tekanan udara tinggi di belahan bumi utara akan bergerak ke Asia dan Australia. Hal itulah yang menyebabkan wilayah Indonesia akhir-akhir ini terlewati aliran udara dingin.

"Waspadai hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon dan baliho tumbang. Jika hujan disertai kilat dan petir sebaiknya tidak berlindung di bawah pohon. Kewaspadaan juga perlu ditingkatkan bagi pengguna kapal ukuran kecil. Menunda penangkapan ikan secara tradisional hingga gelombang tingi mereda," pesan Dwikorita.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)