home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Kelewatan, Ini Dia Detail Waktu Fase Gerhana Bulan Total 31 Januari

Rabu, 31 Januari 2018 13:00 by reinasoebisono | 1815 hits
Jangan Kelewatan, Ini Dia Detail Waktu Fase Gerhana Bulan Total 31 Januari
Image source: Youtube

DREAMERS.ID - Begitu banyak tips dan trik mengabadikan fenomena langka ‘Super Blue Blood Moon’ yang ramai dinantikan pada malam tanggal 31 Januari 2018 nanti. Berbagai lokasi strategis hingga fasilitas teropong dan lain-lain pun juga turut disediakan sejumlah lembaga.

Namun yang paling penting adalah jangan sampai kelewatan waktu kapan gerhana indah itu nampak. Karena gerhana memiliki fase yang walau terjadi perlahan, tetap ada masa puncaknya. Melansir Kompas, seperti ini perkiraan waktu puncak gerhana di Indonesia.

Puncak gerhana di Waktu Indonesia Bagian Barat akan terjadi sekitar pukul 20:29 WIB, wilayah Indonesia tengah akan terjadi sekitar pukul 21:29 WITA, dan di wilayah Timur puncaknya akan terjadi sekitar 22:29 WIT.


Image source: BMKG/Kompas

Baca juga: Catat Jadwal Supermoon Terakhir di Tahun 2022, Bareng Hujan Meteor

Untuk mengabadikan momen, astronom dari Joga Astro Club, Mutoha Arkanuddin memberi masukan tentang peralatan yang direkomendasikan untuk mengambil gambar gerhana bulan total. Namun jika tidak memilikinya, masyarakat bisa mengabadikan dengan kamera smartphone dengan mode zoom.

"Untuk mendapatkan foto yang bagus, alangkah baiknya menggunakan kamera DSLR dengan lensa tele berukuran 300 mm ke atas. Baik juga menggunakan Teleskop-ring Adapter untuk disambungkan dari kamera ke teleskop," katanya.

"Bagi orang awan tentu cenderung mengabadikan saat puncak gerhana, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba mengambil gambar secara berurutan dari awal hingga akhir,"kata Mutoha. "Lebih menarik apabila kita mencari lokasi dengan foreground unik, misalnya jembatan, menara, tugu atau ikon bangunan dan tekstur alam. Asalkan cuaca cerah,"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)