home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mirisnya Tren Hidup Masyarakat Korea Selatan yang Buat Khawatir Presidennya

Kamis, 01 Februari 2018 10:19 by reinasoebisono | 5015 hits
Mirisnya Tren Hidup Masyarakat Korea Selatan yang Buat Khawatir Presidennya
Image source: WSJ

DREAMERS.ID - Korea Selatan sudah jadi salah satu negara tersibuk di dunia dengan populasi penduduk sebesar 51.25 juta. Namun kini sepertinya suasana di kota-kota Korea Selatan akan lebih sepi karena perilaku yang tengah menjamur di sana.

Karena diklaim dengan sederet alasan, warga Korea Selatan kini tak lagi suka keramaian dan gemar hidup dalam kesendirian. Tren hidup semacam itu di Korea Selatan disebut honbap atau YOLO yang memiliki kepanjangan You Only Live Once.

Artinya, mereka menganggap hidup ini hanya sekali sehingga ingin membahagiakan dirinya sendiri secara maksimal. Perilaku ini mayoritas dilakukan oleh para wanita yang berdampak pada angka kelahiran di Negeri Gingseng tersebut.

Karena tren ini adalah pilihan untuk mereka yang ingin hidup bahagia tanpa harus bersama pasangan. Jika berkunjung ke sana, pengunjung akan mulai mendapati banyak restoran yang membuat area khusus para tamu yang ingin makan dan minum sendirian.

Baca juga: Korea Selatan Resmi Larang Penjualan Daging Anjing Yang Sudah Dilakukan Beradab-Abad

Mirisnya lagi, ada perusahaan wedding organizer yang menawarkan paket pemotretan pernikahan untuk wanita single. Tujuannya, memberikan wanita yang belum menikah pengalaman dari proses pernikahan, salah satunya adalah foto pre-wedding.

Sebenarnya, tren honbap ini memiliki sifat positif, yaitu mengajak orang untuk menikmati hidup dalam keadaan apapun. Namun melansir Koreaboo via Detik, hal ini meningkatkan rumah tangga yang dijalani wanita single, terutama di kalangan wanita pekerja.

Bahkan masalah ini juga turut disoroti dan membuat khawatir Presiden Korsel Moon Jae In. "Gaya hidup honbap (YOLO) seperti ini bukan sekadar hidup sendiri saja, tapi juga memicu diet tak seimbang, yang bisa mengganggu kesehatan anak muda," ujar Moon Jae In.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)