home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gerhana Bulan Total Akan Terjadi Lagi Juli 2018

Jumat, 02 Februari 2018 08:00 by reinasoebisono | 1972 hits
Gerhana Bulan Total Akan Terjadi Lagi Juli 2018
Image source: Los Angeles Times

DREAMERS.ID - Fenomena langit langka dan terjadi sekaligus dinikmati oleh masyarakat Indonesia pada Rabu (31/1) kemarin. Begitu banyak publik yang antusias menyaksikan gerhana bulan, supermoon dan blue moon.

Namun nyatanya fenomena langit cantik dan bersahabat itu belum mau jauh-jauh dari Indonesia karena akan terjadi lagi beberapa bulan mendatang. Hal ini dikonfirmasi oleh Badan Meteorolgi, Klimatologi dan Geofisika.

"Fenomena gerhana ini setahun bisa saja terjadi Dua atau Tiga kali. Namun yang total belum tentu. Nah, tahun ini gerhana bulan total diperkirakan akan kembali terjadi pada 28 Juli 2018 mendatang," kata Rahmat Triyono, mengutip Viva.

Baca juga: Tak Hanya Fenomena Langka 'Superblood Moon', Akan Ada Planet 'Mengintip' 28 Juli Dini Hari Nanti!

Rahmat menambahkan, prosesnya kontak pertama antara bulan dan bayangan bumi untuk fenomena gerhana bulan total kali ini, dimulai pada pukul 17.49 WIB, sebagian mulai terjadi pada pukul 18.48 WIB, gerhana total mulai pada pukul 19.51 WIB, puncak gerhana pukul 20.29 WIB, gerhana total berakhir pada pukul 21.08 WIB, gerhana sebagian berakhir pada pukul 22.11 WIB, dan gerhana berakhir pada pukul 23.09 WIB.

"Itu artinya, saat bulan terbit di Kota Bukittinggi, sudah terjadi Gerhana. Kami tidak semata melakukan pengamatan, tapi juga ingin hadir untuk memberikan edukasi tentang gerhana. Ini sekaligus wisata gerhana. Jadi tidak semata-mata menjalankan tupoksi (Tugas pokok dan fungsi) kami untuk melakukan pengamatan, tapi juga memberikan edukasi,"tutup Rahmat.

Keseluruhan proses gerhana ini dapat disaksikan di Samudra Pasifik serta bagian timur Asia, Indonesia, Australia, dan bagian barat laut Amerika. Gerhana ini juga dapat diamati di bagian barat Asia, Samudra Hindia, bagian timur Afrika, dan bagian timur Eropa pada saat Bulan terbit. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)