home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pengakuan Perusahaan Soal Adanya Kontaminasi DNA Babi dalam Suplemen Viostin DS

Kamis, 01 Februari 2018 18:34 by reinasoebisono | 2565 hits
Pengakuan Perusahaan Soal Adanya Kontaminasi DNA Babi dalam Suplemen Viostin DS
Image source: Antara

DREAMERS.ID - Dua nama suplemen yang terbukti mengandung DNA babi menjadi sorotan publik lantaran disebut-sebut biasa dikonsumsi masyarakat. Kandungan itu pun termasuk kontaminan, yang berarti adalah zat yang muncul bukan pada tempatnya dan dapat membahayakan kesehatan.

Bila merujuk dalam laporan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), melansir laman Tirto, bahwa kontaminan yang dimaksud adalah kontaminasi DNA babi pada produk Viostin DS. Viostin DS dijual dengan izin edar nomor SD051523771.

"Kami menemukan bahwa salah satu bahan baku pembuatan Viostin DS, Chondroitin Sulfat, yang kami datangkan dari pemasok luar negeri dan digunakan untuk produksi bets tertentu, belakangan diketahui mengandung kontaminan," kata Ida Nurtika, Direktur Komunikasi Korporat PT Pharos Indonesia dalam keterangan resminya,Rabu (31/1).

Penelusuran sumber kontaminasi dilakukan di beberapa sumber dugaan. Mulai dari lokasi produksi, kualitas bahan baku, tempat penyimpanan bahan baku, produsen bahan baku, dan juga tempat-tempat lain yang memungkinkan terjadi kontaminasi.

Baca juga: Perlu Kamu Ketahui, Ini Akibat Berlebihan Konsumsi Vitamin D

Kontaminasi DNA babi itu terungkap setelah BPOM menguji sampel produk yang diketahui adalah Viostin DS setelah beredar di pasaran. BPOM sendiri telah mengumumkan adanya kontaminasi pada akhir November 2017. Namun karena sudah beredar di pasaran, BPOM menarik kembali produk bermasalah itu dan meminta pantauan intens dari jajaran BPOM dan petugas lapangan.

"Sebagai langkah antisipasi dan perlindungan konsumen, BPOM RI menginstruksikan Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia untuk terus memantau dan melakukan penarikan produk yang tidak memenuhi ketentuan, termasuk yang terdeteksi positif mengandung DNA babi, namun tidak mencantumkan peringatan MENGANDUNG BABI," jelas Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito.

PT Pharos Indonesia sendiri telah berjanji untuk menarik seluruh produknya. Selain Viostin DS, produk yang disimpulkan oleh BPOM mengandung DNA Babi adalah Enzyplex, yang produksi oleh PT Medifarma Laboratories dengan nomor izin edar DBL7214704016A1.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)