home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan KPK Menunda Pengumuman Status Tersangka Gubernur Jambi Zumi zola

Sabtu, 03 Februari 2018 11:36 by reinasoebisono | 1893 hits
Alasan KPK Menunda Pengumuman Status Tersangka Gubernur Jambi Zumi zola
Image source: Jawa Pos

DREAMERS.ID - Publik mengetahui status tersangka Gubernur Jambi Zumi Zola dari pemberitaan media yang menemukan namanya terdapat dalam surat pencekalan ke luar negeri yang diberikan kepada Imigrasi.

Pengumuman tersangkanya pun baru diumumkan Jumat (2/2) kemarin, lansir CNN  dan KPK pun mengungkapkan alasan tak terburu-burunya untuk mengungkap Zumi Zola sebagai tersangka kasus dugaan penerima hadiah atau janji terkait proyek-proyek di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi sejumlah Rp6 miliar.

"Kami harus tunggu penyidik kerja di lapangan supaya mereka tidak terganggu dengan yang macam-macam," kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan saat jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (2/2).

Baca juga: Zumi Zola, Aktor Jadi Gubernur yang Dipenjara dan Digugat Cerai Istri

"Tidak ada penundaan pengumuman, sudah ditetapkan sejak 24 Januari, segera itu tanggal 25 dilakukan cegahnya," tuturnya.

Dalam kasus ini, Zumi Zola diduga mengumpulkan uang dari para pengusaha hingga Rp 6 miliar menggarap proyek di lingkungan Pemprov Jambi lewat Arfan dan Plt Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Erwan Malik. Namun, KPK belum mau membeberkan identitas pihak pemberi uang tersebut.

Zumi dan Arfan disangkakan melanggar Pasal 12B atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jakarta juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)