home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Siaga Satu, Prediksi Waktu Kiriman Air Tiba di Katulampa Buat Jakarta Waspada Banjir

Senin, 05 Februari 2018 10:40 by reinasoebisono | 1713 hits
Siaga Satu, Prediksi Waktu Kiriman Air Tiba di Katulampa Buat Jakarta Waspada Banjir
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Bendungan Katulampa di Bogor, menaikkan status menjadi siaga satu pagi ini. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pun menyatakan Jakarta waspada banjir via Twitter resminya.

Pada pukul 09.05 WIB, ketinggian air di Katulampa mencapai 240 meter dan membuat BPBD DKI Jakarta menyiarkan peringatan banjir terutama di daerah bantaran kali Ciliwung.

“Kami sudah sebarkan peringatan ini, juga SMS blast (ke masyarakat di wilayah-wilayah DKI waspada banjir),” ujar Kepala BPBD DKI Jakarta Jupan Royter mengutip CNNIndonesia.com, Senin (5/1).

Air dari Bendungan Katulampa itu pun diprediksi akan mencapai Jakarta dalam kurun waktu sembilan jam lagi. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, banjir diprediksi akan terjadi di beberapa wilayah.

“Diprediksikan sekitar 9 jam ke depan debit banjir akan sampai di Pintu Air Manggarai, Jakarta,” kata Sutopo dalam keterngan tertulisnya.

Baca juga: Pertama Kali dalam 20 Tahun, Lokasi Wisata Pulau Nami Terendam Banjir

Sutopo juga menghimbau agar warga yang berada di sekitar bantaran Ciliwung tidak beraktifitas di pinggir sungai. Kawasan di Jakarta yang diperkirakan akan diterjang luapan air adalah Srengseng Sawah, Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Bidara Cina dan Kampung Melayu.

Sementara itu hingga kini diberitakan hujan masih terjadi di Bogor sehingga ada kemungkinan debit air akan bertambah. Meski begitu, diperkirakan banjir yang terjadi tidak akan besar karena hujan tidak turun merata.

Februari adalah puncak hujan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Menurut Sutopo, potensi banjir akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya curah hujan. Karena itu masyarakat dihimbau untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi banjir dan genangan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)