home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Adik Kim Jong Un akan Hadir di Olimpiade PyeongChang Bawa Misi Tersembunyi ke Korea Selatan?

Kamis, 08 Februari 2018 11:02 by reinasoebisono | 2086 hits
Adik Kim Jong Un akan Hadir di Olimpiade PyeongChang Bawa Misi Tersembunyi ke Korea Selatan?
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Makin mendekati gelaran olahraga musim dingin di Olimpiade PyeongChang 2018, pihak Korea Selatan mengumumkan jika Korea Utara berencana mengirim saudara perempuan pemimpin tertinggi Kim Jong Un sebagai bagian dari delegasi Korut.

Melansir Liputan6, Pyeongyang telah memberi tahu Seoul jika Kim Yo Jong yang disebut makin menonjol dalam pemerintahan juga orang kepercayaan Kim Jong Un itu akan menemani Kim Yong Nam, Ketua Presidium Majelis Rakyat Agung.

Delegasi itu juga memasukkan Choe Hwi selaku Ketua Komite Bimbingan Olahraga Nasional serta Ri Son Gwon, Ketua Agensi Korea Utara yang menangani urusan antar Korea. Beberapa ahli pun menanggapi kedatangannya yang dinilai akan menimbulkan kontroversi.


Kim Yo Jong (Istimewa)

"Kedatangannya akan memicu hiruk-pikuk media, mencuri perhatian yang seharusnya terarah pada Wakil Presiden Pence yang ingin menyoroti pelanggaran hak asasi manusia di Korut dan sanksi HAM terhadap nuklir Korea Utara," kata Profesor Koh Yu-Hwan, dari Universitas Dongguk.

Baca juga: Korea Utara Kutuk Keras Amerika yang Gunakan Hak Veto Tolak Gencatan Senjata di Gaza

"Yang bermasalah adalah dia datang bersama Choe Hwi. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa Korea Utara kemungkinan akan menggunakan Olimpiade ini sebagai alat propaganda, bukannya membuka peluang dialog yang berarti dengan Korea Selatan," ucap Profesor Shin Beom-chul, dari Akademi Diplomatik Nasional Korea.

Terlepas dari kontroversi misi tersembunyi yaitu propaganda, kehadiran Kim Yo Jong disebut memiliki sisi positif karena akan membawa pesan langsung dari kakaknya, Kim Jong Un. Meski hal ini belum dapat dikonfirmasi, begitu juga dengan agenda kehadirannya.

Kim Yo Jong sendiri dipromosikan sebagai Wakil Direktur Pertama Komite Sentral Partai Pekerja Korea Utara tahun lalu. Ia makin diyakini sebagai salah satu orang kepercayaan Kim Jong Un dan memiliki peran lebih penting dari yang diperkirakan. Mereka lahir dari ibu yang sama, Ko Yong Hui.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)