home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kesaksian Gempa Besar Taiwan: TV Terbang, Lantai 6 Apartemen Amblas ke Dasar

Jumat, 09 Februari 2018 12:00 by reinasoebisono | 2936 hits
Kesaksian Gempa Besar Taiwan: TV Terbang, Lantai 6 Apartemen Amblas ke Dasar
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Gempa kuat mengguncang kawasan Pantai Timur Taiwan pada Selasa (06/02) malam waktu setempat. Tidak terjadi tsunami, namun sejumlah daerah dilaporkan rusak berat karena patahan jalan hingga gedung yang ambruk ke jalan.

Dari kesaksian warga, tempat tinggalnya tidak utuh karena guncangan gempa sebesar 6.4 Skala Richter itu. Seorang pria berusia 66 tahun, Chen Chien, guncangan besar tersebut mengakibatkan apartemen yang ditinggalinya itu miring 50 derajat.



Image source: Detik

Ia menempati unit lantai 6 di mana lantai-lantai di bawahnya anjlok hingga ke lantai dasar. Peralatan di dalam apartemennya seperti TV pun beterbangan dan porak poranda. Ia juga heran bagaimana bisa gedung besar yang ia tempati itu rusak parah.

"Posisi lantai enam sebenarnya cukup tinggi. Namun ketika saya keluar dari jendela untuk menyelamatkan diri, lantai saya tepat berada di atas tanah," kata Chen kepada kantor berita AFP. "Ketika gempa terjadi TV saya terbang, semua peralatan di apartemen beterbangan,"



Image source: Detik

Baca juga: Ini Penyebab Gempa 4.8 SR Sumedang Menurut Badan Geologi

"Sulit dipercaya bangunan besar seperti ini rusak parah ... mungkin struktur penyangga bangunan rusak. Kalau tidak, bagaimana mungkin keadaannya seperti ini sekarang?" kata Chen.

Di apartemen itu sendiri, enam dari sembilan korban tewas. Gempa juga menyebabkan lebih dari 200 orang mengalami luka-luka. Badan Penanggulangan Bencana Nasional mengatakan belum mengetahui berapa pasti jumlah orang yang terperangkap di bawah reruntuhan Kota Hualien itu.

Gempa susulan sebesar 5.7 SR juga sempat menyulitkan tim SAR yang berpacu pada waktu untuk menyelamatkan korban di Ibu Kota Taipei. Lebih dari 140 orang masih belum diketahui keberadaannya dan sekitar 400 ribu rumah kini tidak memiliki persediaan air. Sedangkan jalan raya dan akses jembatan ditutup.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)