home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sumber Terdekat Sebut JK Masih Pasangan 'Paling Aman' untuk Jokowi di Pilpres 2019?

Senin, 12 Februari 2018 11:50 by reinasoebisono | 1910 hits
Sumber Terdekat Sebut JK Masih Pasangan 'Paling Aman' untuk Jokowi di Pilpres 2019?
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Prediksi Pemilu Presiden (Pilpres) tahun 2019 mendatang sudah santer terdengar mulai sekarang. Beberapa kader pun turut dipersiapkan untuk maju di bursa orang nomor satu Indonesia itu. Sama seperti presiden incumbent Joko Widodo yang diberi prediksi ke depannya.

Hal itu diungkapkan wartawan senior ternama, John McBeth pekan lalu via tulisannya di situs Asia Times melansir laman Kompas. McBeth menyatakan, jika Presiden Jokowi membuka peluang besar untuk kembali menggandeng wakilnya kini, Jusuf Kalla (JK).

 “Untuk saat ini, JK adalah pilihan paling aman,” ucap sumber yang merupakan salah satu anggota tim informal kampanye pilpres Jokowi seperti dikutip McBeth.

Dijelaskan lagi oleh sumber tersebut, Jokowi menghadapi kesulitan untuk memilih pendamping di pemerintahan yang dapat membantu mengamankan pemilih tradisional muslim. Dan untuk saat ini, JK adalah sosok yang dinilai tepat untuk menangani hal tersebut.

JK dinilai sebagai sosok yang tepat karena dekat dengan umat Muslim. Wapres yang pernah menjabat pada periode 2004-2009 ini merupakan Ketua Dewan Masjid Indonesia dan alumnus organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Baca juga: Resmi, Menhan Prabowo Sandang Bintang 4 Di Pundaknya

Di sisi lain, pihak JK melalui satu sumber juga mengonfirmasi tawaran tersebut. Namun JK sendiri sejauh ini  merasa lelah dan ingin pensiun dari dunia politik seperti yang pernah disampaikannya. Pun, jika tawaran itu diterima, kesepakatannya JK hanya akan menjabat hingga setengah periode.

Meski hanya sampai tahun 2022, durasi itu akan menjadikan JK sebagai wakil presiden dengan jabatan terpanjang dalam sejarah Indonesia. Dari kabar yang beredar, faktor usia yang kini telah menginjak 75 tahun juga jadi pertimbangan.

Sosok cawapres kini dianggap krusial dan menggambarkan kekhawatiran jika koalisi tradisional yang mengalahkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Pilgub tahun lalu berpotensi digerakkan pula untuk membendung Jokowi di 2019.

John McBeth yang menulis topik ini sendiri adalah wartawan senior yang menghabiskan belasan tahun karirnya menulis tentang politik Asia Tenggara, terutama Indonesia. Pri berkebangsaan Selandia Baru itu menulis untuk harian Singapura Straits Times selama 11 tahun. Saat ini dia aktif menulis di Asia Times, The Nikkei Asian Review, dan The South China Morning Post.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)