home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Masa Depan di Depan Mata: Paspor Kekinian Hanya Perlu Scan Wajah!

Jumat, 23 Februari 2018 12:52 by reinasoebisono | 2471 hits
Masa Depan di Depan Mata: Paspor Kekinian Hanya Perlu Scan Wajah!
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Hanya dengan kilasan wajah, calon penumpang pesawat terbang akan segera bisa lolos dari pemeriksaan paspor. Dengan kata lain, teknologi canggih seperti di film-film science-fiction ini diterapkan untuk penerbangan mancanegara.

Gebrakan di dunia teknologi ini, melansir Sunday Morning Herald, akan diterapkan di Bandara Internasional Sydney untuk pertama kalinya di mana memungkinkan mereka yang menunggu pesawat tak perlu menunjukkan paspornya.

“Wajah Anda akan jadi paspor dan boarding pass. Tak perlu ada lagi paspor terselip,” kata Chief Executive baru Bandara Sydney, Geoff Culbert. “Sejauh ini kami belum menemukan hal semacam ini dilakukan di dunia,”

Percobaan dari teknologi modern ini akan dimulai pada bulan Mei mendatang di bandara terbesar Australia tersebut. Bagi siapa pun yang berminat ikut andil dalam percobaannya, wajib mendaftar ke Angkatan Perbatasan Australia. Dimungkinkan akan ada dokumen dan data seperti foto yang harus dilakukan namun belum dirilis secara rinci lagi.

Teknologi yang dinamakan pengenalan-wajah dengan teknik biometrik ini diperkirakan akan menurunkan waktu rata-rata masyarakat yang melewati bagian pemeriksaan paspor dari yang awalnya 4 menit bisa menjadi hanya 23 detik!


Image source: Ten Play

Baca juga: Sudah Tahu? Masa Berlaku Paspor Indonesia Kini 10 Tahun

Dan di akhir tahun, penumpang maskapai Qantas yang jadi bagian dari proyek percobaan ini bisa melewati 6 tahap dalam bandara. Yaitu proses check in, bag drop, border processing, screening keamanan, bagian lounge bandara dan gerbang boarding setelah menunjukkan paspor hanya sekali.

“Ini akan membuat proses perjalanan jadi sangat mudah untuk penumpang,” kata Culbert. “Anda bisa melakukan check-in penerbangan di sofa rumah menggunakan teknologi pengenalan wajah dengan smartphone Anda,”

Lebih lanjut, pihak bandara juga akan memastikan jika masalah privasi yang berkenaan dengan misalnya data akan dikelola dengan baik. Karena bagaimana pun, masalah kerahasiaan data pengguna jadi pertanyaan besar dan topik sensitif.

Namun selain pengembangan teknologi canggih dalam waktu dekat ini, bandara juga akan meningkatkan layanan dan fasilitas seperti kualitas kamar mandi, kebersihan, dan sistem bagasi yang lebih memudahkan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)