home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Dia 'The Family MCA', Sindikat Penyebar Isu Provokatif yang Dibongkar Polisi

Selasa, 27 Februari 2018 13:02 by reinasoebisono | 3429 hits
Ini Dia 'The Family MCA', Sindikat Penyebar Isu Provokatif yang Dibongkar Polisi
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Empat orang diringkus oleh pihak Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri bersama Direktorat Keamanan Khusus Badan Intelijen Keamanan terkait sindikat penyebar isu-isu provokatif di media sosial.

Melansir Kompas, penangkapan dilakukan di beberapa tempat pada Senin (26/2) kemarin di mana para pelaku tergabung dalam sebuah grup WhatsApp ‘The Family MCA’ atau memiliki kepanjangan Family Muslim Cyber Army.

Tak main-main, keempatnya diciduk di tempat berbeda-beda oleh kepolisian. Mereka adalah ML di Tanjung Priok, RSD di Pangkal Pinang, RS di Bali, dan Yus di Sumedang. Hal ini juga dipaparkan oleh Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen (Pol) Fadil Imran.

"Berdasarkan hasil penyelidikan, grup ini sering melempar isu provokatif di media sosial," ujar Fadil melalui keterangan tertulis, Selasa (27/2).

Baca juga: 5 Manfaat Positif dari Melakukan 'Digital Detox', Apa Itu?

Konten yang disebarkan oleh grup ini salah satunya adalah isu viral penculikan dan penganiayaan ulama yang beberapa waktu lalu meresahkan warga. Ada pula isu kebangkitan Partai Komunis Indonesia, serta mencemarkan nama baik presiden, pemerintah hingga tokoh-tokoh tertentu.

Bahkan, kelompok ini juga menyebarkan konten berisi virus pada orang yang membukanya. Para tersangka pun dijerat dengan dugaan menyebar ujaran kebencian kepada orang lain berdasarkan diskriminasi SARA.

"Menyebarkan virus yang sengaja dikirimkan kepada orang atau kelompok lawan yang berakibat dapat merusak perangkat elektronik bagi penerima," kata Fadil. Penyidik juga masih memeriksa para tersangka secara intensi untuk mendalami pelaku lain dari grup-grup yang diikuti para tersangka.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)