home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Punya 'Sniper', Begini Beda Kelompok Penyebar Hoax 'Family MCA' dan 'Saracen' yang Perlu Diwaspadai

Kamis, 01 Maret 2018 11:02 by reinasoebisono | 2353 hits
Punya 'Sniper', Begini Beda Kelompok Penyebar Hoax 'Family MCA' dan 'Saracen' yang Perlu Diwaspadai
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Tertangkapnya anggota The Family MCA (Muslim Cyber Army) mengingatkan publik pada kasus-kasus meresahkan dan bohong alias hoax yang sempat pula disebarkan oleh kelompok serupa bernama Saracen.

Sama-sama menyebarkan ujaran kebencian dan konten berbau SARA, Saracen sendiri diungkap Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri pada Agustus 2017. Kabiro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Mohammad Iqbal mengakui jika secara karakteristik, Family MCA dan Saracen serupa.

Bedanya, melansir Kompas, kelompok Saracn memiliki struktur organisasi seperti ketua, sekretaris, dan koordinator daerah. Sementara Family MCA tidak memiliki susunan terstruktur semacam itu. Lebih lanjut, kelompok MCA memiliki puluhan ribu anggota di berbagai daerah.

Baca juga: Cek Fakta Atau Hoax! Kabar Raja Salman Meninggal Dunia

Hal itu terlihat dari penangkapan 4 anggotanya yang tersebar di beberapa daerah. Yaitu di Tanjung Priok, Pangkal Pinang, Sumedang hingga Palu. Lebih berbahaya karena MCA juga memiliki banyak kelompok dengan nama berbeda. Hanya saja, mereka tetap menggunakan embel-embel MCA.

"Mereka kan punya cyber troops, bahkan punya akademi tempur MCA, punya tim 'sniper'. Nantilah dijelaskan," kata Kasubdit I Ditsiber Bareskrim Polri Kombes Irwan Anwar .

Seperti yang diberitakan sebelumnya, kelompok MCA diketahui menyebarkan isu-isu provokasi di media sosial termasuk ujaran kebencian dan diskriminasi. Konten-konten tersebut meliputi isu PKI, penculikan ulama dan mencemarkan nama baik pemerintah, presiden hingga tokoh tertentu.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)