home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sudah Registrasi Sim Card, Bagaimana dengan Isu Penyalahgunaan Data Masyarakat?

Sabtu, 10 Maret 2018 12:26 by reinasoebisono | 2048 hits
Sudah Registrasi Sim Card, Bagaimana dengan Isu Penyalahgunaan Data Masyarakat?
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Pemerintah mewajibkan masyarakat untuk meregistrasi ulang data simcard pengguna provider apa pun di Indonesia. Dalam registrasi tersebut, pengguna wajib mencantumkan nomor KTP dan nomor KK.

Dalam prosesnya, berhembus pula kabar soal penyalahgunaan data yang didapatkan tersebut. Mengingat data yang diberikan termasuk dara pribadi seseorang. Lalu apa tanggapan pihak Kemenkominfo?

Henri Subiakto, Staf Ahli Menkominfo Bidang Hukum mengatakan jika masyarakat tidak perlu khawatir. Karena NIK dan KK digunakan sebagai sarana keamanan dari penduduk itu sendiri.

"NIK dan KK itu bentuk cyber security, karena tidak semua orang bisa memiliki dua data tersebut milik orang lain untuk melakukan pemalsuan. Data tersebut pun dilindungi, bahkan tidak diberikan kepada operator," ujarnya.

Baca juga: Mengenal Teknologi e-SIM yang Ada di iPhone XS dan XS Max

"Tidak ada penyalahgunaan data. Memang ada data milik orang-orang tertentu, tapi itu sudah sejak lama tersebar di internet. Kami sendiri belum tahu tujuan pihak-pihak yang meng-upload KTP dan KK milik orang lain," tuturnya.

Ia menambahkan bahwa hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk melawan program pemerintah. "Bahkan ada yang bilang ini bukan program Kominfo. Padahal kami sudah merancangnya bersama Presiden serta teman-teman di BRTI," ucapnya mengutip Detik.

Lebih lanjut, program registrasi ulang disebut Henri cukup sukses karena hanya sedikit lagi nomor yang belum tervalidasi dari total yang ditargetkan. 

"339 juta nomor tervalidasi itu baru sampai hari ini, padahal orang-orang masih bisa meregistrasi sampai 30 April. Kita sangat optimis bahwa ini sangat bagus," ujar Henri. "Jika total nomor ponsel kira-kira 360 juta lebih, berarti kan selisihnya sudah tinggal sedikit. Ini sudah melampaui harapan kami semua, dan itu jadi bukti sukses," 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)