home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya Seleb dan Orang Terkenal, Semua Pengguna Twitter Bakal Bisa Dapat Centang Biru

Sabtu, 10 Maret 2018 20:30 by fzhchyn | 4320 hits
Tak Hanya Seleb dan Orang Terkenal, Semua Pengguna Twitter Bakal Bisa Dapat Centang Biru
Image source: hoyentec.com

DREAMERS.ID - Semua pengguna Twitter dikabarkan bisa mendapatkan tanda centang biru alias ‘verified’ pada profil mereka. CEO Twitter Jack Dorsey sendiri yang mengungkapkannya dalam siaran langsung melalui platform Periscope belum lama ini.

Sebelumnya, tanda verifikasi ini hanya berlaku pada akun Twitter dengan follower atau pengikut yang banyak, seperti publik figur, selebriti, orang terkenal, lembaga resmi, dan lainnya. Namun dengan pengumuman dari sang CEO, pengguna biasa dapat mendapatkan fitur ini.

Melansir dari CNN, pengguna yang ingin mendapat tanda ini harus mengajukan permintaan ke Twitter untuk mendapat tanda centang biru tersebut. Twitter lantas akan melakukan evaluasi apakah pengguna "pantas" untuk mendapat verifikasi atau tidak.

"Tujuannya adalah untuk membuka verifikasi untuk semua orang," jelas Dorsey. "(Sehingga) orang bisa memverifikasi lebih banyak fakta soal diri mereka sendiri dan kami tak perlu menghakimi atau memberi bias di sisi kami." Meski begitu, ia tidak menjelaskan lebih jauh bagaimana mekanisme pemberian centang biru untuk umum ini akan dilakukan. 

Baca juga: Gigi Hadid Tutup Akun Twitter Usai Dibeli Elon Musk

Kebijakan pemberian centang biru kepada semua pengguna ini dilakukan karena terdapat perbedaan persepsi antara Twitter dengan pengguna. Twitter menganggap centang biru sebagai identitas. Sementara pengguna menganggap centang biru sebagai jaminan kepercayaan.

"Kami menggunakan (lambang itu) sebagai identitas," jelas David Gasca, Direktur Produk Twitter, mengutip The Next Web. "Tapi pengguna berpikir tanda ini sebagai kredibilitas, Twitter berpihak kepada mereka, dan apa yang mereka katakan hebat dan otentik. Padahal bukan itu maksud kami." 

Dengan memberi kebebasan pengguna untuk menggunakan centang biru di akunnya, Twitter menyerahkan tanggung jawab kredibilitas suatu akun kepada pengguna.

Dorsey juga menyebut bahwa Twitter tidak akan memaksa pengguna untuk menggunakan nama asli untuk akun mereka. Ia juga menekankan bahwa pihaknya akan memberi penekanan terhadap akun parodi untuk menghindari persepsi bahwa cuitan canda akun ini dianggap sebagai fakta.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)