home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alat Musik Akan Punya Paspor Untuk Berpergian

Jumat, 15 Maret 2013 13:15 by miko | 2706 hits
Alat Musik Akan Punya Paspor Untuk Berpergian
powerboncoss.blogspot.com

Administrasi berpergian keluar negeri sekarang ini bukan saja diterapkan kepada manusia. Sekarang ini paspor pun diterapkan untuk alat musik yang berpergian ke luar negeri. Namun hal tersebut berlaku untuk alat musik yang terbuat dari bahan langka, termasuk kulit hewan.

Dilansir dari Dailymail, Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Langka (CITES) memutuskan untuk memberlakukan paspor agar musisi bisa membawa alat musiknya berpergian ke luar negeri. Sebelumnya bandara melarang masuk alat musik yang menggunakan bahan dari hewan langka.

Diantaranya seperti tangkai penggesek biola dari cangkang kura-kura atau tuts piano dari gading.  Gara-gara aturan itu dulu banyak musisi yang harus mencongkel piano untuk mengganti tuts-nya dengan bahan lain.

Sehingga dengan adanya paspor resmi ini disambut gembira para musisi, terutama orkestra yang alat musiknya berusia tua dan dari bahan langka.

Baca juga: Tak Hanya Menyenangkan, 5 Hobi Ini Juga Menambah Kecerdasan Otak

“Ini monumental karena memfasilitasi pergerakan musisi, khususnya orkestra," jelas Bryan Arroyo, kepala delegasi perdagangan Amerika Serikat. Keputusan ini juga disambut gembira asosiasi pedagang alat musik.

Namun alat musik dari bahan yang dilarang perdagangan internasional diberi perlakuan khusus. Alat musik itu hanya bisa mendapat paspor dengan catatan telah dibuat sebelum larangan diberlakukan.

“Siapapun tak ingin menyakiti gajah, tapi aneh rasanya harus minta ijin paspor untuk piano berusia 120 tahun,” tutur ahli musik dari Inggris.

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)