home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mantan Presiden Korsel Lee Myung Bak Resmi Ditahan Usai Akui Terima Suap Miliaran Rupiah

Jumat, 23 Maret 2018 12:15 by muthiasp | 3010 hits
Mantan Presiden Korsel Lee Myung Bak Resmi Ditahan Usai Akui Terima Suap Miliaran Rupiah
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Mantan Presiden Korea Selatan, Lee Myung Bak, beberapa waktu lalu membuat publik negeri ginseng heboh atas pengakuannya yang telah menerima uang panas dari lembaga mata-mata negara saat dirinya sedang menjabat sebagai orang nomor satu. Kini, ia pun sudah resmi ditahan oleh pihak kejaksaan.

Dilansir dari laman Yonhap News (23/03), pihak kejaksaan Korea Selatan sudah mengeluarkan surat perinta penahanan secara resmi kepada Lee Myung Bak. Politikus sekaligus pengusaha itu dijemput oleh tim kejaksaan di rumahnya yang berlokasi di kawasan Nonhyeon, Seoul, pada 22 Maret pukul 11 malam waktu setempat.

Kejaksaan menuntut Lee Myung Bak atas kasus suap setelah mengaku menerima uang lebih dari 141 miliar rupiah dari lembaga mata-mata negara dan bisnis-bisnisnya, serta menggelapkan dana sebesar 448,8 miliar rupiah dari perusahaannya sendiri, dan beberapa aksi kejahatan lainnya, termasuk menunggak pajak hingga penyalahgunaan kekuasaan.

Baca juga: Aktor Lee Joon Gi Pernah Masuk Daftar Hitam Mantan Presiden Korea Selatan

Dengan penahanan ini mencatatkan nama Lee Myung Bak sebagai mantan presiden Korea Selatan keempat yang ditahan, dan yang kedua setelah Park Geun Hye yang sudah ditahan sejak tahun lalu atas kasus penyalahgunaan kekuasaan menjurus korupsi. Jika terbukti bersalah atas semua tuntutan tersebut, maka Lee Myung Bak terancam hukuman selama 45 tahun penjara.

Lee Myung Bak sendiri merupakan presiden yang menjabat pada tahun 2008 sampai 2013. Sebelum terpilih menjadi orang nomor satu, ia lebih dahulu bertugas sebagai Walikota Seoul, dan juga CEO dari perusahaan Hyundai Engineering and Construction.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)