home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Dia Dokter yang Pilih Dipecat Ketimbang Merekayasa Data Medis Setya Novanto

Jumat, 23 Maret 2018 18:18 by reinasoebisono | 41594 hits
Ini Dia Dokter yang Pilih Dipecat Ketimbang Merekayasa Data Medis Setya Novanto
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Sidang Setya Novanto perkara kecelakaan yang ribut disebut rekayasa juga masih bergulir. Salah satu dokter yang pada kejadian itu bertugas pun dijadikan saksi dan angkat bicara soal bagaimana permintaan-permintaan yang diminta pihak Setnov untuk merekayasa hasil kesehatannya.

Menurut Dokter Michael Chia Cahaya, ia bertugas di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Medika Permata Hijau. Dan menolak merekayasa data medis pasien atas nama Setya Novanto. Ia juga memilih dipecat ketimbang diintervensi.

"Saya bilang, dokter mau pecat saya tidak apa-apa, saya bisa cari kerja lagi," ujar Michael saat menirukan ucapannya kepada dokter Alia yang merupakan atasannya saat bersaksi untuk terdakwa Dokter Bimanesh Sutarjo.


Image source: Tempo

Baca juga: Kata Setnov yang Rela Jual Rumah Lunasi Uang Pengganti Korupsi yang Dilakukannya

Menurut Michael, Pengacara Setnov yang bernama Fredrich Yunadi meminta dia agar membuat diagnosis seolah-olah Novanto mengalami luka akibat kecelakaan, melansir Kompas. Padahal saat itu, Dokter Michael belum memeriksa Setya Novanto.

Permintaan rekayasa data medis itu juga disampaikan Dokter Bimanesh Suutarjo selaku  terdakwa. Namun semuanya ditolak oleh Michael. "Saya pikir ini sudah tidak benar, makanya saya minta gantian jaga IGD," kata Michael.

Namun Michael mengatakan saat itu atasannya, yaitu Dokter Alia menyarankan agar dia hanya menjalankan tugas yang sesuai aturan. "Dokter Alia bilang, 'Saya enggak minta kamu bohong, kalau memang dia perlu dirawat, ya, dirawat, kalau enggak, ya, enggak usah'," kata Michael.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)