home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Beberapa Merek Ikan Makarel Dalam Negeri yang Kedapatan Mengandung Cacing oleh BPOM

Rabu, 28 Maret 2018 18:37 by reinasoebisono | 8470 hits
Beberapa Merek Ikan Makarel Dalam Negeri yang Kedapatan Mengandung Cacing oleh BPOM
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Heboh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menemukan cacing parasit dalam 3 merek produk ikan makarel kalengan yang awalnya terkuak di Riau, kini merambah ke beberapa daerah lainnya. Bahkan kini ditemukan pada produk dalam negeri.

Melansir Merdeka, BPOM menemukan 27 merek ikan makarel atau sarden kalengan yang positif mengandung parasit cacing jenis Anisakis sp. Dari 27 merek tersebut, 16 di antaranya adalah produk impor sementara 11 lainnya produk lokal.

"Dari 66 merek ikan makarel dalam kaleng yang terdiri dari 541 sampel ikan, ada 27 merek yang positif mengandung parasit cacing," jelas Kepala BPOM RI Penny K Lukito.

BPOM RI pun menelusuri dan berkomunikasi dengan Kementerian Kelautan dan Prikanan (KKP) terkait penemuan tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengetahui asal usul produk dan bahan baku produk bermasalah tersebut.

Baca juga: Bicara ‘Ngawur’ Preskon Joe Biden Sampai Dihentikan Staf

Karena, ikan makarel hanya ditemukan di perairan luar dan produk sarden dalam negeri yang ditemukan mengandung parasit cacing bahan bakunya dipasok dari luar negeri. Tindakan awal dari BPOM tentu adalah menarik produk sarden kalengan dari pasaran.

"Ikan makarel tak ditemukan di perairan Indonesia. Dan secara natural memang mengandung parasit cacing. Tapi tentunya menjadi tugas kami Badan POM untuk menjamin produk yang diproduksi di sini, diedarkan, dan dikonsumsi oleh masyarakat memenuhi standar-standar yang ada dikaitkan dengan hygienic (higienitas), keamanan, mutunya dan manfaatnya," papar Penny.

"Untuk produk dalam negeri juga kita setop karena bahan bakunya datang dari tempat yang kita indikasikan mengandung cacing tersebut. Jadi kita setop semuanya dan terus mengembangkan," ujarnya. "Jadi ini akan terus berkembang. Tadi ada 66 merek dan sudah 27 merek firm mengandung cacing dan sudah kita banned tidak bisa lagi impor dan produksi di dalam negeri,"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)