home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Warga Justru Dihimbau Pakai Topeng untuk Hadapi Harimau Pemangsa Manusia, Bonita

Kamis, 05 April 2018 12:28 by reinasoebisono | 1811 hits
Alasan Warga Justru Dihimbau Pakai Topeng untuk Hadapi Harimau Pemangsa Manusia, Bonita
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Harimau Sumatera yang fenomenal bernama Bonita, masih dalam pencarian pihak berwenang untuk dievakuasi setelah beberapa minggu menghilang. Kemunculan sering tak diduga dan masuk ke pemukiman warga.

Bahkan di kesempatan sebelumnya, sekitar 25 pekerja diselamatkan tim gabungan penyelamat Harimau Sumatera karena panik dan ketakutan setelah Bonita muncul. Untuk menanggulangi kejadian serupa, tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau memberi edukasi dan sosialisasi kepada warga.

"Tim memasang kamera trap di jalur pelintasan harimau sumatera di batas konsesi hutan tanaman industri PT SPA," kata Kepala BBKSDA Riau Suharyono via Kompas.


Tim gabungan memberi sosialiasi soal Harimau Bonita (Kompas)

Baca juga: Kelahiran Empat Ekor Bayi Harimau Emas, Hewan Langka di Dunia

Tim patroli juga dikerahkan intensif siang-malam untuk memberi rasa aman kepada masyarakat Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran, Inhil, Riau. Tim gabungan pun memberikan edukasi seperti warga harus selalu berkelompok saat bekerja di perkebunan dan membawa tongkat serta bunyi-bunyian seperti lonceng.

Ada juga arahan memakai topeng berbentuk wajah manusia yang dipasang di bagian kepala belakang. Alasannya, karena harimau biasanya menerkam manusia dari belakang. Hal ini dilakukan agar harimau menganggap punggung bertopeng itu adalah tampak depan manusia.

Bonita jadi perhatian setelah menerkam Jumiati hingga tewas dan memperlihatkan perilaku tak wajar setelahnya. Ia sering menampakkan diri di area pemukiman warga tanpa takut, bahkan berperilaku seperti ingin beradaptasi dengan manusia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)