home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hati-hati, Keseringan Pegang Ponsel Hanya Dengan Satu Tangan Beri Dampak Berbahaya

Rabu, 18 April 2018 10:32 by Leha96 | 2312 hits
Hati-hati, Keseringan Pegang Ponsel Hanya Dengan Satu Tangan Beri Dampak Berbahaya
Image source : Healthchosun

DREAMERS.ID - Di jaman teknologi canggih ini sudah tidak aneh lagi jika banyak yang sudah memegang handphone atau ponsel, bahkan anak kecil pun sekarang sudah banyak yang memiliki ponsel.

Walaupun ponsel kini teknologi yang memang dibutuhkan setiap orang, tetapi ponsel juga memiliki dampak jangka panjang bagi kesehatan. Selain membuat ketagihan, baru-baru ini juga sebuah penelitian melihat dampak yang diakibatkan ponsel terhadap kesehatan.

Akhir-akhir ini sering sekali terlihat orang-orang memainkan ponsel hanya dengan sebelah tangan. Para peneliti National Taiwan University Hospital meneliti bahwa sering memegang gadget dengan satu tangan dianggap dapat berakibat buruk untuk kesehatan.


Image source : trainerhouse

Memainkan ponsel dengan satu tangan dalam jangka waktu panjang bisa membuat otot berkontraksi lebih sering dan memberi tekanan pada tangan serta bagian ibu jari. Tekanan disebabkan karena tangan menahan berat dari ponsel. Gejala yang sering muncul biasanya rasa nyeri otot pada lengan.

Leung Wai Man, salah satu dokter dari rumah sakit National Taiwan University mengatakan, setiap posisi tangan yang memegang ponsel memiliki kelemahannya masing-masing. Dan yang paling parahnya adalah posisi satu tangan.


Image source : tistory/likejkb

Tidak hanya berdampak pada otot lengan saja, yaitu gangguan pada leher juga. Menurut Leung, menundukkan leher untuk melihat ke layar ponsel dapat menyebabkan kondisi bungkuk pada leher dengan kemiringan 15 derajat serta menimbulkan otot tegang pada leher.

Dampaknya yang muncul adalah kita mudah lelah, sakit kepala, dan sakit leher serta pegal-pegal. Jadi, jika terbiasa memainkan Handphone dengan satu tangan alangkah baiknya jika diselingi istirahat sejenak untuk meregangkan otot.

Tim medis juga menyarankan agar tidak menatap layar ponsel terlalu lama, karena cahaya biru dari ponsel dianggap dapat merusak sel retina mata dan mengganggu siklus tidur. Maka dari itu, mulai sekarang kita kurangi memakai ponsel secara berlebihan agar terhindar dari gangguan kesehatan. 

(elha)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)