home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Casing Smartphone Xiaomi dan Apple Dituduh Berbahaya Hingga Sebabkan Kanker

Minggu, 22 April 2018 14:00 by fzhchyn | 2633 hits
Casing Smartphone Xiaomi dan Apple Dituduh Berbahaya Hingga Sebabkan Kanker
Image source: fivepmcase

DREAMERS.ID -  China menjadi salah satu pasar smartphone terbesar di dunia dengan hampir 450 juta handset dikirimkan pada tahun lalu. Namun, jumlah casing ponsel melebihi angka perangkat yang dijual lantaran konsumen cenderung lebih sering mengganti casing ketimbang membeli ponsel.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan Dewan Konsumen Shenzhen di China menemukan bahwa bahan-bahan yang digunakan pada smartphone terlalu berbahaya digunakan dan tersentuh oleh manusia. Ponsel yang masuk kategori berbahaya ini berasal dari merek-merek terkenal.

Dilansir dari Business Insider, mereka meneliti 30 sampel casing atau penutup ponsel, di mana tujuh di antaranya mengandung zat beracun yang berbahaya kesehatan pengguna. Tiga puluh sampel ini terdiri dari 28 merek berbeda, termasuk di dalamnya Apple, Huawei, Samsung, dan Xiaomi.

Baca juga: Sempat Ejek, Ponsel Baru Xiaomi dan Samsung Ikuti Jejak Apple Tanpa Charger

Mereka mengatakan bahwa casing ponsel yang berbahaya ini karena mengandung plasticizer dan polycyclic aromatic hydrocarbon yang dapat merusak organ tubuh hingga menyebabkan kanker. Ditemukan bahwa casing produk Xiaomi terdapat plasticiser mencapai 17%, sekitar 170 kali tingkat aman regulator Eropa sebesar 0,1%. Sedangkan, casing buatan Apple mengandung polycyclic aromatic hydrocarbon mencapai 50 kali dari standar aman.

Mengutip Detik, sejauh ini China belum memiliki aturan khusus mengenai penanganan penutup smartphone tersebut. Casing smartphone ini merupakan salah satu bisnis menggiurkan di sana, dengan perolehan pasar sebesar 70% atau senilai 20 miliar Yuan diproduksi di Shenzhen setiap tahunnya.

Menanggapi penelitian ini, Xiaomi berkilah bahwa standar Eropa EN 14372 yang digunakan penelitian tersebut tidak berlaku untuk penutup ponsel, tetapi lebih berlaku untuk penggunaan anak dan produk perawatan. Sementara Apple belum berkomentar mengenai hal ini.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)