home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pohon Terbesar Didunia Ada di Indonesia

Selasa, 19 Maret 2013 09:00 by miko | 8929 hits
Pohon Terbesar Didunia Ada di Indonesia
green.web.id

Perusakan hutan di Indonesia telah mencapai tahap mengkhawatirkan. Sehingga banyak pohon ratusan tahun ditebang. Tapi baru-baru ini, di Indonesia ditemukan sebuah pohon dengan ukuran yang besar dan menjadi pohon terbesar di dunia dan diperkirakan berusia 1000 tahun.

Dalam sebuah ekspedisi yang dilakukan di Taman Nasional Kutai (TNK) Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, terdapat pohon terbesar di dunia dengan ukuran mencapai 2,47 meter dengan tinggi mencapai 20 meter.

Menurut Sarjo, penjaga hutan kawasan TNK ini mengaku pertama kali menemukan pohon ulin tersebut pada tahun 1993, ketika sedang menemani peneliti asal Jepang, Putuka Watanabe, yang melakukan penelitian spesies dalam proyek Kyoto University.

Tak hanya itu, Ia juga menjelaskan bahwa pertumbuhan ulin setiap tahun hanya 0,5 cm sehingga usia pohon ini diperkirakan lebih kurang seribu tahun.

Baca juga: Sering Pakai Jet Pribadi, Bella Hadid Donasikan 600 Pohon

“Tingginya saat ini sekitar 20 meter, diduga akibat terkena petir. Sebelumnya diperkirakan lebih 30 meter. Kondisi pohon ini masih hidup. Saat itu (tahun 1993) masih berdiameter 2 meter 41 sentimeter dengan tinggi mencapai 20 meter. Kini, diameternya menjadi 2 meter 47 cm,” ungkapnya.

Sarjo mengaku temuan ulin terbesar dan tertua di dunia itu sudah dibenarkan Profesor Nengah Wirawan dari Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

“Pak Prof Nengah Wirawan yang juga melakukan penelitian di TNK juga membenarkan bahwa pohon itu merupakan ulin tertua di dunia,” tuturnya.

“Kita harus bangga sebab ada sebuah pohon terbesar di dunia dan tertua yang sampai saat masih tetap terjaga. Kami berharap, seluruh masyarakat maupun pihak terkait dapat menjaga dan melestarikan keberadaan kayu ulin, khususnya yang terbesar itu. Sebab selama ini ulin masih masih menjadi incaran utama para pelaku pencurian kayu,”  ucap Kepala Balai TNK, Erli Sukrismanto.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)