home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yuk Cek Status Nomor Kamu di Hari Terakhir Registrasi Sim Card!

Senin, 30 April 2018 14:17 by reinasoebisono | 2659 hits
Yuk Cek Status Nomor Kamu di Hari Terakhir Registrasi Sim Card!
Image source: PC Tech Magazine

DREAMERS.ID - Perlu diketahui jika tanggal 30 April hari ini, Senin, adalah batas akhir registrasi kartu SIM Card prabayar. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengumumkan akan memblokir total nomor-nomor prabayar yang belum teregistrasi pada 1 Mei 2018 besok.

Pemblokiran total ini akan meliputi penggilan dan SMS keluar, panggilan dan SMS masuk serta layanan dana internet. Ada himbauan di hari terakhir ini untuk segera mendaftarkan nomor ponsel prabayar dengan mengingat lagi caranya.

Melansir Liputan6, segera lakukan registrasi dengan mengirim SMS ke 4444 dengan nomor KK dan NIK (Nomor Induk Kependudukan). Untuk yang merasa sudah mendaftar, bisa mengecek status registrasi kartu SIM di masing-masing provider.

Sebenarnya sejak Senin, 20 November 2017, pelanggan seluler sudah bisa mengecek nomor yang teregistrasi lewat sebuah fitur atau fasilitas yang disediakan operator, baik via SMS menu UMB maupun situs web resmi.

Baca juga: Mengenal Teknologi e-SIM yang Ada di iPhone XS dan XS Max

Ada beberapa operator yang merujuk langsung untuk mengunjungi website resmi masing-masing, atau pun mengetik kode nomor tertentu agar mendapat tampilan laporan status registrasi. Ada juga yang hanya bisa mengirim SMS ke nomor 4444.

Perlu diketahui juga jika proses pemblokiran nomor ini sudah dilakukan secara bertahap selama dua bulan. Pada tahap awal, jika hingga 28 Februari 2018 pelanggan belum melakukan registrasi kartu SIM, pemerintah masih memberikan masa tenggang selama 30 hari.

Selama masa tenggang itu, apabila pelanggan belum juga melakukan pendaftaran, pertama-tama Kemkominfo akan memblokir layanan panggilan keluar (outgoing call) dan SMS. Setelah itu, apabila 15 hari setelahnya pelanggan juga masih belum mendaftar, layanan kedua yang akan diblokir adalah panggilan masuk (incoming call) dan SMS. Nantinya, hanya paket internet yang akan aktif selama 15 hari.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)