home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Perintah Nikah hingga Trump, Terungkap Isi Pembicaraan Kim Jong Un dan Moon Jae In Lewat Gerakan Bibir!

Jumat, 04 Mei 2018 14:43 by reinasoebisono | 2699 hits
Perintah Nikah hingga Trump, Terungkap Isi Pembicaraan Kim Jong Un dan Moon Jae In Lewat Gerakan Bibir!
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Berikan pemandangan menyejukkan saat pertemuan tingkat tinggi Korsel-Korut, Presiden Moon Jae In dan Kim Jong Un tetap membuat penasaran tentang apa yang sebenarnya dibicarakan ketika duduk berdua di jamuan santai singkat.

Tak ada suara, hanya video keduanya saling berbicara. Hingga akhirnya ahli pembaca gerak bibir mengungkapkan pembicaraan mereka mesti tidak bisa sama persis dan detail, hanya topik utama dan beberapa kata kunci.

Melansir Kompas, Stasiun televisi Jepang NTV menghadirkan seorang pembaca gerak bibir asal Korea Selatan untuk menganalisa pembicaraan kedua pemimpin itu saat berjalan bersama di jalan setapak berpagar biru dan kemudian duduk di taman yang terletak di ujung jalan itu.

"Amat sulit itu memahami seluruh pembicaraan, tetapi beberapa kata kunci seperti fasilitas nuklir, Trump, Amerika Serikat, dan PBB muncul," kata presenter acara Sukkiri.

Presiden Moon dikatakan menggumamkan kata  ‘fasilitas nuklir‘ dan ‘Trump’, sementara Kim Jong Un mengucapkan kata ‘Amerika Serikat‘ dan ‘PBB’. Atzuhiro Isozaki, pakar Korea Utara di Universitas Keio Jepang menyebut, Kim Jong Un lebih banyak jadi pendengar dalam pembicaraan itu.

Baca juga: Penampilan Putri Kim Jong Un Yang Diprotes Warga Korut

Sementara itu, harian terbesar Korea Selatan Chosun Ilbo juga menggunakan tiga orang pembaca gerak bibir untuk menganalisa pembicaraan kedua pemimpin.

"Mari jaga agar hubungan kita tidak terputus, mari lebih sering berbicara dan bergerak ke arah yang positif," demikian kalimat Presiden Moon menurut Chosun Ilbo.

Setelah keduanya duduk di bangku taman, barulah Kim Jong Un mulai berbicara. "KTT Korea Utara-AS harus membuahkan hasil positif dan saya ingin secara bertahap menghilangkan semua masalah," ujar Kim menurut para pembaca gerak bibir.

Analisa lain dari stasiun televisi Korea Selatan Channel A menyebut, keduanya juga membicarakan beberapa hal personal. "Ayah melihat saya dan memerintahkan saya menikahi perempuan itu, dan saya mematuhinya," kata Kim kepada Moon tentang istrinya, Ri Sol Ju.

Sayangnya istana kepresidenan Korsel yaitu Cheong Wa Dae menolak mengonfirmasi analisa tersebut. Menurut salah satu juru bicara, keduanya tidaklah membicarakan penutupan fasilitas nuklir.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)