home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Beberapa Masalah Kesehatan yang Patut Diwaspadai Saat Puasa

Selasa, 15 Mei 2018 10:51 by fzhchyn | 1330 hits
Beberapa Masalah Kesehatan yang Patut Diwaspadai Saat Puasa
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Kondisi tubuh dan fisik yang prima sangat dibutuhkan untuk menjalani ibadan puasa dengan baik dan lancar. Namun perubahan pola makan dan gaya hidup selama Ramadhan dapat mempengaruhi kondisi tubuh bagi kebanyakan orang.

Agar tak jatuh sakit saat puasa dan ibadah selama Ramadhan tetap lancar, berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi jika kita tak benar-benar memperhatikan kesehatan tubuh dan patut diwaspadai, mengutip CNN.

1. Kelelahan

Kebiasaan pertama yang akan berubah saat bulan puasa adalah pola tidur. Tubuh biasanya bangun lebih cepat pada dini hari untuk sahur dan tidur larut malam usai salat tarawih. Pola tidur yang berubah dan cenderung lebih sedikit sedangkan aktivitas tetap sama seperti biasanya membuat tubuh rawan kelelahan.

Kelelahan dapat membuat kantuk dan konsentrasi berkurang. Selain itu, saat tubuh kelelahan, maka tubuh lebih rawan terserang berbagai penyakit seperti masuk angin dan sakit kepala. Untuk mengurangi risiko kelelahan ini, ada baiknya mengonsumsi asupan vitamin dari sayuran dan buah-buahan atau menambah suplemen vitamin.

2. Maag

Maag atau gangguan asam lambung juga merupakan salah satu penyakit yang kerap muncul saat bulan Ramadan. Kadar asam lambung ini dapat meningkat saat perut kosong. Jadi agar maag tak menyerang sebaiknya jangan lewatkan waktu sahur. Serta, hindari makanan dan minuman yang dapat meningkat asam lambung seperti kopi, soda, dan gorengan saat perut masih dalam keadaan kosong.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

3. Dehidrasi

Saat bulan puasa, tubuh sering kekurangan cairan dan menyebabkan dehidrasi. Jika kebutuhan air tak mencukupi, sistem kerja organ dapat terganggu dan meningkatkan risiko penyakit. Beberapa tanda tubuh kekurangan air dapat dilihat dari bibir pecah-pecah, kulit kering, serta urine yang berwarna dan berbau. Jadi pastikan saat saruh, berbuka, dan di malam hari kebutuhan cairan tetap terpenuhi.

4. Batuk

Sajian seperti minuman manis dan dingin serta makanan manis dan gorengan sebaiknya dikonsumsi dengan tidak berlebihan karena memicu radang tenggorakan. Asupan ini dapat diimbangi dengan konsumsi air hangat dan buah-buahan agar tak memicu radang. tenggorokan.

5. Sembelit

Sulit buang air besar juga sering jadi masalah saat bulan puasa akibat pola makan yang tak teratur serta kurangnya asupan cairan yang memicu konstipasi. Agar sembelit tak datang pada bulan puasa kali ini, konsumsi makanan kaya serat dan cairan sangat diperlukan. Serat bisa didapat dari sayuran hijau dan buah-buahan. Tambahan yogurt juga baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)