home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Orang Gemar Makan Makanan Berlemak Saat Sedih Atau Galau

Rabu, 16 Mei 2018 11:53 by dodo07 | 1594 hits
Alasan Orang Gemar Makan Makanan Berlemak Saat Sedih Atau Galau
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Makan memang kerap kali jadi salah satu solusi saat seseorang tengah sedih atau galau. Proses mengunyah makanan yang masuk ke dalam mulut sering kali dianggap dapat mengurangi beban pikiran oleh banyak orang.

Melansir berbagai sumber, kegiatan makan bukan hanya proses memasukkan makanan ke dalam mulut atau kegiatan biologis semata namun berkaitan erat dengan pikiran dan emosi. Suasana hati ikut berperan pada pilihan makanan dan jumlah makanan yang diasup. Itu sebabnya, ketika orang merasa sedih atau galau saat itulah mereka mencari cara untuk menghibur diri, salah satunya dengan makan. 


Image source: Detik

Ternyata, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, para peneliti menemukan hubungan antara makan cokelat dan depresi. Dikatakan bahwa cokelat mengandung bahan-bahan yang dikenal bisa memperbaiki suasana hati. Tak hanya cokelat, saat sedang galau ataupun sedih orang memang dengan kerap menyantap makana berlemak.


Image source: kitchme

Baca juga: Kata Siapa Makan Malam Membuat Gendut? Justru Membuat BB Jadi Turun dan Sehat

“Orang makan lebih banyak untuk menenangkan diri dan mengalihkan perhatian mereka dari situasi saat ini. Mereka beralih ke makanan yang mengandung gula dan tinggi lemak agar merasa lega. Hormon juga memainkan peran penting dalam perubahan suasana hati,” ujar Ahli Nutrisi Dr. Rupali Datta, dikutip dari Detik.

Jadi, semakin banyak makanan yang dimakan, otak mulai kecanduan makanan. Ketika sedang sedih, maka psikis cenderung mendorong untuk makan lebih banyak. Orang cenderung menggunakan makanan untuk mengobati diri sendiri, yang diharapkan bisa membantu mengurangi perasaan negatif atau tidak nyaman. 

Alasan lainnya adalah makanan bisa meningkatkan kadar serotin yakni zat kimia dalam otak yang mengubah suasana hati menjadi lebih tenang. 

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)