home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pernah Masuk Jaringan Osama bin Laden, Berikut Beberan Panjang Polisi Soal Rekam Jejak Sofyan Tsauri

Selasa, 22 Mei 2018 12:33 by reinasoebisono | 1239 hits
Pernah Masuk Jaringan Osama bin Laden, Berikut Beberan Panjang Polisi Soal Rekam Jejak Sofyan Tsauri
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Hiruk-pikuk perkara tuduhan intel Habib Rizieq terhadap seorang mantan napi teroris Sofyan Tsauri masih berbuntut panjang. Meski mengancam akan memenjarakan Habib Rizieq jika tidak ada permintaan maaf dari FPI, rekam jejak Sofyan Tsauri kini dibongkar oleh kepolisian.

Karena perlu diketahui, Sofyan Tsauri dulunya adalah anggota kepolisian Polres Depok sub Sabhara dan Pembinaan Masyarakat setelah lulus dari Sekolah Polisi Negara di Lido, mengutip Tirto. Tahun 2002, Sofyan dikirim ke Bireuen, Aceh untuk operasi perintis Sabhara.

Sayangnya, saat di sana, Sofyan terpapar paham Aman Abdurrahman dan bergabung dalam jaringan Al-Qaeda pimpinan Osama bin Laden yang telah tewas di tangan tentara Amerika.

"Saudara Sofyan termasuk dalam jaringan Al Qaeda Asia Tenggara dengan nama Abu Ayas yang berperan sebagai pemasok senjata teroris di Aceh," tegas Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto.


Image source: Tempo

Baca juga: FPI VS Mantan Teroris Sofyan Tsauri: Tuduhan Anggota Intel dan Ancaman Penjarakan Habib Rizieq

Sepanjang tahun 2006-2007, Sofyan sudah tidak aktif bertugas hingga akhirnya diberhentikan secara tidak hormat pada 2009 karena diduga ikut dalam aktivitas terorisme, berupa pelatihan senjata api. Sofyan pun akhirnya divonis 10 tahun penjara dan mendapat remisi keluar pada 2015 setelah menjalani 5 tahun di bui.

Tapi belakangan nama Sofyan jadi viral karena disebut Habib Rizieq sebagai intel kepolisian dalam kelompok teroris JAD. Kelompok ini sendiri adalah jaringan di balik rangkaian serangn bom bunuh diri Jawa Timur pekan lalu.

Dalam kesaksian yang terekam itu, Rizieq menyebut bahwa Sofyan adalah pencipta terorisme. Ia disebut sebagai anggota Brimob dan bertugas merekrut anak muda termasuk dari FPI untuk bergabung dengan gerakan terorisme.

Tak hanya Sofyan, namun kepolisian juga ikut membantah tuduhan intel tersebut. "Dia tidak pernah bertugas di Brimob. Ia hanya bertugas di satuan Shabara dan Binmas di Polres Depok," ujar Setyo di Mabes Polri, Senin (21/5).

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)