home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jarang Terdeteksi, Kenali Gejala Kanker Kulit yang Diidap Menantu Hatta Rajasa

Selasa, 22 Mei 2018 15:00 by fzhchyn | 3172 hits
Jarang Terdeteksi, Kenali Gejala Kanker Kulit yang Diidap Menantu Hatta Rajasa
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Duka masih menyelimuti keluarga Hatta Rajasa, setelah sang menantu Adara Taista meninggal dunia di Tokyo, Jepang pada 19 Mei lalu. Telah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta, Senin (21/5), istri Muhammad Rasyid Rajasa ini dikabarkan meninggal dunia karena menderita kanker kulit.

Melansir CNN Indonesia, sebelum mendapatkan perawatan di Jepang, Adara sempat berobat di Amerika Serikat. Saat menikah dengan Rasyid pada Desember 2017, Adara masih terlihat sehat dengan tubuh yang berisi. Namun pada Maret lalu, tubuhnya mulai terlihat mengalami perubahan menjadi lebih kurus.

Kanker kulit yang diderita Adara merupakan salah satu jenis kanker yang banyak dijumpai di dunia. Di AS, berdasarkan data American Cancer Society, kanker kulit merupakan jenis penyakit kanker yang paling banyak diderita. Sedangkan di Indonesia, jumlah penderita kanker kulit masih di bawah kanker payudara, usus, paru-paru, serviks atau prostat.

Menurut laporan Cancer.org, sebagian besar kanker kulit berkembang perlahan dan memiliki gejala yang tak disadari. Hanya sebagian kecil kanker kulit yang menimbulkan rasa sakit dan biasanya muncul saat sudah dalam stadium lanjut.

MedicineNet menyebut bahwa kanker kulit merupakan jenis kanker yang biasanya dipicu oleh gaya hidup. Salah satu pemicu utama kanker kulit merupakan sinar matahari yang menyengat. Sinar ultraviolet (UV) itu dapat membuat sel-sel kulit berkembang menjadi tumor ganas.

Berikut beberapa merupakan gejala kanker kulit yang dapat diwaspadai:

Baca juga: Kata Pakar Soal Bahasa Tubuh Kate Middleton Di Video Pengumuman Kankernya

1. Terdapat perubahan di area kulit
Perubahan di area kulit baik itu ukuran, bentuk dan warna dapat menjadi penanda adanya kelainan. Adanya perubahan pada tahi lalat, kerutan, luka, benjolan, bintik-bintik dan tanda lainnya mesti diwaspadai.

2. Tahi lalat menunjukkan perubahan
Tahi lalat dapat berubah pada penderita kanker kulit, misalnya perubahan pada bagian ujung atau lingkar tahi lalat menjadi tidak beraturan, tidak rata, berlekuk atau semakin buram. Perubahan warna juga patut dicermati. Tahi lalat dapat menjadi kecoklatan, merah, merah muda, putih, hingga membiru.

3. Rasa gatal dan nyeri
Munculnya sensasi yang tak biasa seperti gatal dan nyeri juga menunjukkan tanda kanker kulit. Rasa gatal ini umumnya diikuti dengan luka atau permukaan kulit yang menjadi kasar.

4. Sakit yang tidak sembuh
Luka atau terdapat sakit di kulit yang tak kunjung sembuh juga dapat menjadi gejala dari kanker kulit. Jika luka tak menunjukkan perbaikan dalam dua pekan, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter.

American Cancer Society bahkan menyarankan untuk rutin memeriksa kulit setidaknya satu kali dalam sebulan. Pemeriksaan itu dilakukan pada semua area kulit termasuk telapak tangan, telapak kaki, kulit kepala, telinga, kuku, dan punggung. Pasalnya, satu dari tiga kanker kulit melanoma pada pria terjadi di punggung.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)