home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Langkah Baru Soal Kontroversi Rekomendasi 200 Pendakwah Ramadhan yang Layak Naik Podium

Rabu, 23 Mei 2018 11:00 by reinasoebisono | 910 hits
Langkah Baru Soal Kontroversi Rekomendasi 200 Pendakwah Ramadhan yang Layak Naik Podium
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Kementerian Agama (Kemenag) merilis rekomendasi 200 Mubaligh atau penceramah yang sebaiknya digunakan untuk memberikan ceramah di Bulan Ramadhan yang sayangnya mendapat kritikan dan permintaan pengkajian ulang.

Isu ini dianggap sensitif karena terkesan menilai siapa lebih baik dalam berdakwah dan kepantasan seseorang dalam menyiarkan ajaran agama. Ada beberapa nama terkenal yang tak asing lagi di mata masyarakat, namun ada juga beberapa nama besar yang tak masuk dalam daftar.

Wakil Presiden Jusuf Kalla pun meminta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin untuk merevisi daftar pendakwah yang direkomendasikan tersebut. Alasan mendasarnya, karena jumlah yang ada terlalu sedikit dibanding kebutuhan yang ada.

"Kami sudah bicarakan tadi, agar dibuat pola yang lebih baik, lebih efisien; tapi nantilah. Itu daftar sementara, tapi jangan lupa bahwa kita perlu minimum 300.000 dai karena kita punya masjid untuk salat Jumat saja, khatib itu butuh 300.000. Jadi bagaimana bisa itu hanya 200, itu hanya kecil sekali itu," kata Jusuf Kalla.

Baca juga: Kereta Wisata Lebaran Ludes Terjual, Ke Mana Sebenarnya Destinasi Favorit Masyarakat?

Wapres JK juga turut meminta Menag untuk menyempurnakan pengumuman tersebut agar lebih baik dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam menerima ceramah dari para Mubaligh, melansir Pikiran Rakyat.

"Itu daftar sementara, jadi tidak hanya untuk memberikan semacam kriteria dan kode etik. Sama dengan anda, wartawan kan punya organisasi dan kode etik; sehingga perlu terdaftar. Kami sudah bicarakan tadi, agar dibuat pola yang lebih baik," jelas Lukman.

"Prinsipnya adalah bahwa kita berkewajiban untuk melayani masyarakat yang ingin mendapatkan para penceramah untuk bisa memberikan wawasan, pengetahuan tentang keislaman. Oleh karena itu, MUI ingin ikut memperbaiki agar mekanisme dan akses masyarakat untuk mendapatkan penceramah yang baik ini bisa dilakukan dengan cara yang baik," kata Lukman di Kantor Wapres.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)