home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Termakan Hoax! Begini Cara Melacak Jejak Berita Palsu di Media Sosial

Kamis, 24 Mei 2018 11:33 by fzhchyn | 1444 hits
Jangan Termakan Hoax! Begini Cara Melacak Jejak Berita Palsu di Media Sosial
Image source: The Verge

DREAMERS.ID - Penyebaran berita palsu alias hoax begitu mudah terjadi di era digital saat ini. Konten video yang tersebar di internet seringkali disalahgunakan. Video yang sama bisa menjadi berbeda arti ketika ditempatkan pada konteks tertentu.

Contohnya adalah video Pramono Anung yang diunggah akun @NetizenTofa. Video itu diunggah dan dihubungkan dengan masalah banyaknya umat Islam menulis bahwa kasus bom adalah pengalihan isu lantas ditangkap oleh polisi. Akun dengan nama Mustofa Nahrawardaya itu lantas menautkan video Pramono Anung.

Dalam video Pramono menyebut bahwa pengalihan isu adalah sesuatu yang bisa dilakukan siapa saja termasuk pihak penguasa. "Pengalihan isu itu adalah hal yang mungkin bisa dilakukan siapapun, termasuk yang berkuasa," jelasnya.

Postingan tersebut lantas mendapat beragam tanggapan. Salah satu tanggapan itu menyebut kalau video yang ditautkan adalah video lawas. Penyalahgunaan seperti ini sudah lazim dilakukan di tengah maraknya isu hoax belakangan ini.

Agar tak termakan berita hoax, kita perlu mengidentifikasi apakah konten video yang ditautkan adalah lawas atau baru. Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) menyebut ada beberapa alat yang bisa digunakan untuk mendeteksi. "Sehingga kalau video itu diupload ulang dengan konteks yang berbeda, ada kemungkinan bisa dilacak, meski tidak selalu," jelas Chairman Mafindo Septiaji Eko Nugroho, Rabu (23/5), mengutip CNN Indonesia.

Septiaji memberi contoh penyalahgunaan video pada gempa Lebak beberapa waktu lalu. "Ada yang upload video truk bergoyang di atas kapal. Padahal itu kejadian tahun lalu, dan di penyeberangan Jawa Bali, timur Jawa," tuturnya.

Terkait perangkat yang bisa digunakan untuk mendeteksi, Mafindo menyarankan untuk menggunakan beberapa layanan berikut.

1. Cari di Google Search Image

Baca juga: Cek Fakta Atau Hoax! Kabar Raja Salman Meninggal Dunia

Mafindo menyebut bahwa pengguna bisa mencoba mencari tahu kapan video itu diunggah dengan melakukan tangkapan layar (screenshot) video. Gambar itu lantas dimasukkan ke pencarian gambar Google dan biasanya akan ketemu video aslinya. Septiaji menyarankan agar tangkapan layar yang diambil sebaiknya dilakukan pada beberapa frame. Sehingga, pengguna memiliki beberapa alternatif gambar untuk diidentifikasi.

2. Youtube Data Viewer

Ini adalah layanan untuk mengecek kapan suatu video pertama kali diunggah. Sesuai namanya, hanya video dari Youtube yang dapat dilacak. Caranya adalah dengan memasukkan tautan Youtube yang hendak dicari ke situs https://citizenevidence.amnestyusa.org/

3. WatchFramebyFrame

Layanan ini bisa memutar lambat tautan video yang dimasukkan ke tautan ke situs https://www.watchframebyframe.com/.

4. Aplikasi Hoax Buster Tools

Ini adalah aplikasi buatan Mafindo yang bisa digunakan untuk mendeteksi hoaks. Namun, aplikasi ini baru tersedia di Android. "Beberapa [fitur layanan diatas] sudah kami kompilasi dalam tools yang kami buat di Hoax Buster Tools di Android," lanjut Septiaji.

Namun, Mafindo mengingatkan bahwa perangkat-perangkat ini tidak menjamin 100 persen bisa mendeteksi asal mula video tersebut.  "Soalnya kalau mau bener-bener tau exact pengambilan gambarnya, harus akses langsung ke media storage-nya," jelas Ketua Komite Mafindo, Aribowo Sasmito via teks.  Namun, cara tersebut tentu hanya cocok diterapkan untuk keperluan penyelidikan forensik digital.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)