home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kelahiran Bayi dengan Beragam Kelainan di Korea Selatan Meningkat, Karena Masalah Polusi?

Kamis, 24 Mei 2018 12:18 by reinasoebisono | 4297 hits
Kelahiran Bayi dengan Beragam Kelainan di Korea Selatan Meningkat, Karena Masalah Polusi?
Image source: Korea Herald

DREAMERS.ID - Sebuah studi di Korea Selatan memberi hasil jika kelahiran bayi tak sempurna atau cacat di Negeri Ginseng meningkat. Mirisnya, hasil itu didapat diduga karena para wanita Korsel kerap terpapar polusi selama kehamilan.

Studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Inha itu memberi kesimpulan setelah menganalisa data Asuransi Kesehatan Nasional pada 3.208.617 bayi yang baru lahir pada kurun waktu 2008-2014.

Hasilnya, penelitian itu menunjukkan jika angka kelahiran bayi cacat meningkat 67%. Contohnya adalah kelainan atrial septal, di mana adanya kelainan jantung yang membuat adanya lubang di dinding antara dua bilik atas jantung. Kelainan ini adalah yang mendapat peningkatan tertinggi.

Cacat lainnya yang mengalami peningkatan sangat tinggi adalah dislokasi panggul kongenital, penyakit ginjal kistik atau kondisi genetik yang ditandai oleh pertumbuhan kista berisi cairan yang menyebabkan malformasi pada ginjal.

Baca juga: Korea Selatan Resmi Larang Penjualan Daging Anjing Yang Sudah Dilakukan Beradab-Abad

Sehubungan dengan hal tersebut, pada 2013 dilakukan studi oleh Stanford University School of Medicine yang menemukan adanya hubungan antara polusi udara lalu lintas dan kelainan formasi pada otak yang dialami bayi baru lahir.

Pada 2016, Universitas Inha juga mengemukakan jika paparan endokrin, bahan kimia yang ada di polusi, dalam dosis tertentu dapat mengganggu sistem hormon manusia. Hal ini dimungkinkan berakibat pada meningkatnya kelainan pada jumlah bayi yang baru lahir di Korea.

Di sisi lain, Profesor Lim Jong Han yang memimpin penelitian di Universitas Inha mengatakan jika cacat lahir kongenital dianggap sebagai penyebab utama kematian bayi baru lahir di Korsel.

Negara pimpinan Moon Jae In itu juga menempati urutan ke 166 dari 180 negara dalam hal kualitas udara. Menurut Indeks Kinerja Lingkungan, Korsel tahun ini berada di urutan terburuk di antara negara Asia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)