home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gubernur Anies Himbau untuk Bersiap Kejutan Soal Kabar Terbaru Tong Sampah Made in Jerman Milik Jakarta

Senin, 04 Juni 2018 12:53 by reinasoebisono | 9932 hits
Gubernur Anies Himbau untuk Bersiap Kejutan Soal Kabar Terbaru Tong Sampah Made in Jerman Milik Jakarta
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Kabar pengadaan tong sampah dari Jerman untuk Pemprov DKI Jakarta masih jadi pembicaraan hangat. Soal keperluan dan kapasitas serta urgensinya masih jadi pertanyaan karena harganya yang cukup besar.

Informasi ini pertama kali ramai dibahas berawal dari screenshot situs e-Katalog LKPP. Garbage bin beroda dengan kapasitas 660 liter merek Weber itu ditulis sebanyak 2.640 buah dengan harga satuan USD 253,62 atau Rp 3.599.375,04. Ada pula ongkos kirim sebesar USD 5.581 atau Rp 79.205.552.

Kini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang angkat bicara dengan menjanjikan akan memaparkan secara lengkap mengenai tong sampah made in Jerman yang dipermasalahkan tersebut. Ia juga mengatakan akan memaparkan kejutan jika informasinya sudah lengkap.

"Ya nanti soal tong sampah saya ceritakan kalau sudah lengkap ya. Nanti siap-siap semua kejutan lagi," kata Anies mengutip Detik.

Baca juga: Respon Anies dan Ganjar yang Kompak Akan Maju Gugatan Ke MK

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, tong sampah tersebut dibeli untuk modernisasi proses pengumpulan sampah di Jakarta yang selama ini dianggap tidak efektif dan dengan cara tradisional.

Yaitu prosesnya, tukang gerobak mengumpulkan sampah dari pemukiman, kemudian di-dumping ke Tempat Penampungan Sampah Semenara (TPS), untuk kemudian diangkat kembali ke truk sampah untuk dikirim ke TPST Bantargebang.

"Proses ini tidak efektif dan tidak efisien. Coba kita hitung berapa kali sampah itu naik turun untuk bongkar muat saja. Naik ke gerobak di masing-masing rumah, turun dari gerobak di TPS, naik ke truk sampah dan turun lagi di TPST Bantargebang, " kata Adji.

"Tahun ini, Ibu Kota juga menjadi tuan rumah Asian Games, sesuai pesan Pak Gubernur dan Pak Wagub, kita harus menjadi tuan rumah yang baik dan kita harus menorehkan catatan sejarah, salah satunya yang menjadi fokus kami di DLH ada memodernisasi dan meningkatkan layanan pengelolaan sampah," kata Adji. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)