home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta Terbaru Pohon Plastik di Trotoar Jakarta yang Ternyata Senilai Ratusan Juta Rupiah

Senin, 04 Juni 2018 14:53 by reinasoebisono | 1546 hits
Fakta Terbaru Pohon Plastik di Trotoar Jakarta yang Ternyata Senilai Ratusan Juta Rupiah
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Kata ‘pohon plastik’ beberapa hari terakhir muncul ke ranah sosial media hingga viral, berdampingan dengan topik Lebaran dan Asian Games 2018. Sebenarnya, pohon plastik tersebut adalah lampu hias dengan bentuk pohon yang dipasang di Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Barat yang sayangnya diprotes karena memakan area trotoar dan dianggap tak menarik secara estetika.

Koalisi Pejalan Kaki juga menyoroti hal ini karena keberadaannya yang menghalangi pejalan kaki. Komunitas itu juga prihatin karena pohon yang asli ditebang, sementara pohon imitasi semacam ini bermunculan dengan alasan untuk memperindah trotoar.

Yang lebih disoroti adalah munculnya dua versi anggaran untuk pengadaan lampu hias pohon plastik ini. Yang pertama senilai senilai Rp 8,1 miliar di Dinas Kehutanan DKI Jakarta. Sementara yang kedua adalah versi Rp 2.2 miliar di Suku Dinas Perindustrian dan Energi tahun anggaran 2018.


Image source: Kompas

Namun Wagub Sandiaga Uno membantah dan memastikan tidak ada anggaran tahun 2018 yang terpakai untuk pohon plastik tersebut. Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat Iswandi menyebut, lampu hias berwujud pohon plastik atau lampu pohon merupakan pengadaan tahun 2017.

Melansir Kompas, harga satu set lampu hias itu senilai Rp 8 juta per unit di mana ada 48 set lampu hias. "Pokoknya harganya Rp 8 juta satu unit, tinggal kalikan saja. (Nilainya) Rp 397.063.200," kata Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat Iswandi.

Baca juga: Jakarta Sudah Bukan Ibu Kota dan Alami Kekosongan Hukum Terkait Status Ibu Kota?

Pohon-pohon palsu tersebut sebenarnya adalah milik Suku Dinas Perindustran dan Energi, Iswandi, adalah milik pihaknya dan sebenarnya ada 63 set lampu hias model tersebut. Pada tahun 2017, pengadaan lampu hias itu berjumlah Rp 1.4 miliar.


Image source: Kompas

Namun, angka itu tidak hanya untuk pengadaan lampu hias berwujud pohon plastik. Ada pula hiasan lampu yang digantung serta dililit di pohon, dan lainnya. "Jadi, bukan murni Rp 1,4 miliar itu lampu pohon," ucap Iswandi.

Kembali ke angka miliaran di awal, Sandiaga Uno menjelaskan jika nilai Rp 8.1 miliar di Dinas Kehutanan DKI Jakarta itu digunakan untuk pengadaan pohon asli di wilayah Jakarta. Sedangkan anggaran Rp 2.2 miliar di Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat dianggarkan untuk menunjang Asian Games.

Iswandi juga meluruskan kabar mengenai anggaran Rp 2,2 miliar di sudinnya yang disebut-sebut untuk pengadaan pohon plastik. Menurut dia, anggaran itu bukan untuk pengadaan pohon plastik, melainkan boks neon bergambar maskot Asian Games 2018. "Rp 2,2 miliar itu (untuk) Asian Games, neon box Asian Games," kata Iswandi.
 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)