home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Apple Perkenalkan macOS Mojave dengan Fitur Andalan 'Dark Mode'

Selasa, 05 Juni 2018 13:51 by fzhchyn | 1713 hits
Apple Perkenalkan macOS Mojave dengan Fitur Andalan 'Dark Mode'
Image source: Mashable

DREAMERS.ID - Tak hanya memperkenalkan sistem operasi mobile baru iOS 12, Apple juga memperbarui sistem operasi untuk perangkat komputer dalam ajang WWDC 2018. Secara resmi macOS 10.14 diberi nama Mojave.

Pemberian nama ini terbilang cukup mengejutkan mengingat dalam beberapa tahun belakang, Apple memakai nama-nama pegunungan di California untuk julukan macOS, seperti Sierra. Sementara Mojave sendiri merupakan gurun yang berada di bagian California Selatan dan bagian kecil California Utara, Utah Barat Daya, Nevada Selatan, dan Arizona Barat Laut.

Pemilihan Mojave sendiri bukan tanpa sebab, Apple SVP of Software Engineering Craig Federighi mengungkapnya. "Saat malam Mojave sangat indah. Ini yang menginspirasi fitur baru kami," kata Craig saat berbicara di ajang WWDC 2018, Selasa (5/6), mengutip Detik.

Fitur baru yang dimaksudkan adalah dark mode. Fitur ini sempat dirumorkan akan hadir di macOS terbaru, dan hal tersebut benar terjadi. Ketika fitur ini diaktifkan, semua tampilan macOS akan berubah menjadi gelap, mulai dari dock, task bar hingga chrome di bagian aplikasi. Tampilan ini jelas memberikan kenyaman saat digunakan ketika malam hari.

Baca juga: iPhone 15 Baru Bisa Dipesan, Apple Dikabarkan Tengah Siapkan iPad Lipat!

Apple pun turut memperbarui tampilan Mac App Store. Perubahan yang hadir mirip App Store di iOS. Lebih segar dan makin memudah mengekplorasi aplikasi. Perusahaan yang dipimpin Tim Cook itu turut memberikan aplikasi Apple News, Voice Memos, Home dan Stocks. Ada pula Stacks, merupakan cara baru untuk membersihkan desktop yang berantakan. Akan ada folder yang didedikasikan berdasarkan tipe file dan secara otomatis mengumpulkannya.

Selain itu, fitur keamanan juga ditonjolkan dalam pembaruan macOS Mojave. Pengguna makin mudah mengontrol aplikasi apa yang boleh mengakses informasi dan hardware. Safari kini dibekali kemampuan untuk memblokir media sosial melacak pengguna.

Fitur Finder diberikan Galery View yang memungkinkan men-scroll preview file. Tidak ketinggalan dan tak kalah menariknya Dynamic Desktop yang menghadirkan live wallpaper di perangkat Mac. macOS Mojave akan tersedia pada musim gugur tahun ini, sekitar September atau Oktober. Sementara versi developernya bisa mencobanya saat ini juga.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)