home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

'Trik' Kepolisian untuk Kurangi Jumlah Pemudik dengan Sepeda Motor

Sabtu, 09 Juni 2018 09:00 by reinasoebisono | 3675 hits
'Trik' Kepolisian untuk Kurangi Jumlah Pemudik dengan Sepeda Motor
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Melakukan kegiatan mudik atau pulang kampung sudah jadi tren di Indonesia setiap Hari Raya Lebaran. Masyarakat juga masih banyak yang memilih moda transportasi roda dua alias sepeda motor meski kerap dilarang karena tingkat bahaya yang cukup tinggi.

Polisi pun menghimbau masyarakat tak lagi menggunakan sepeda motor untuk mudik Lebaran. Karena memang motor yang biasa digunakan masyarakat tidak didesain untuk perjalanan jauh, motor juga berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pun membuat program Berlalu Lintas dengna Tertib dan Aman di Jakarta (Berteman Jakarta), salah satunya adalah hindari horor mudik tanpa motor. Motor memang sangat tidak disarankan untuk mudik karena berdampak buruk pula pada kesehatan.

Baca juga: Kereta Wisata Lebaran Ludes Terjual, Ke Mana Sebenarnya Destinasi Favorit Masyarakat?

"Karena motor itu kan terbuka, jadi asap kendaraan bisa terhirup, sehingga bisa menimbulkan sesak napas, terutama bagi anak-anak, janganlah, kasihan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusuf di Mapolda Metro Jaya.

Kepolisian juga menyiapkan bus di check point untuk warga pemudik dengan sepeda motor. Bus itu disiapkan jika motor kelebihan muatan atau jarak tempuh yang terlalu jauh. Dan jangan khawatir, karena pemudik bisa menitipkan motor pada petugas yang berjaga.

"Untuk masalah mudik kami ada beberapa check point, arah Cikampek ada dua. Check pointini tempat istirahat, tempat untuk petugas mengecek kalaupun nanti kendaraan roda dua membahayakan, muatannya terlalu banyak, dan sebagainya. Kami sarankan untuk dinaikkan kendaraan," katanya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)