home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jawaban Penting dari Pertanyaan Paling Umum Seputar Mudik Lewat Pantai Selatan Jawa

Senin, 11 Juni 2018 10:02 by reinasoebisono | 3282 hits
Jawaban Penting dari Pertanyaan Paling Umum Seputar Mudik Lewat Pantai Selatan Jawa
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Mudik tahun 2018 ini ada jalur baru yang bisa dilalui oleh masyarakat yang meramaikan kegiatan pulang ke kampung halaman, yaitu Pantai Selatan Jawa atau biasa disebut Pansela. Jalur satu ini disebut-sebut bisa jadi pertimbangan jalur alternatif ke kampung halaman.

Panjangnya adalah 1.405 km dengan lebar jalan 5-7 meter. Jalur ini membentang dari Banten hingga Jawa Timur, lho. Selain itu jalur ini dipastikan akan lebih sepi dibanding jalur Pantura, begitu juga tarifnya yang lebih murah.

Nah, kekurangannya, jalur Pansela ini belum sepenuhnya selesai. Ada sebagian yang belum tersambung yaitu dari Trenggalek, Tulungagung, Malang dan Banyuwangi. Selain itu, melansir Detik, ada ruas jalan yang belum filebarkan di Kebumen.

Jika dari Jakarta, pemudik bisa bertemu jalur Pansela dari Pelabuhanratu jika berencana ke Banten Selatan. Yang pergi ke Jawa Barat bagian Selatan, bisa masuk dari Garut atau Pangandaran. Tapi untuk pemudik yang ke Jawa Tengah bagian Selatan seperti Yogyakarta atau Jawa Timur, baiknya masuk Pansela dari Cilacap. Karena tinggal tancap gas lurus saja sampai Yogyakarta.

Baca juga: Minat Berburu Flash Sale dan Diskon Tiket Mudik KAI? Cek Dulu Info Memesannya!

Yang perlu dipersiapkan pula adalah mobil yang dalam kondisi prima, mulai dari mesin hingga ban. Bensin juga diusahakan full tank karena di jalur Pansela, SPBU hanya ada di pusat kabupaten. Jangan sampai kehabisan bensin di tengah jalur Pansela yang sepi.

Jangan lupakan kondisi fisik yang harus fit, cari tempat istirahat yang relatif ramai agar lebih aman. Terutama lokasi sepi di malam hari, jadi waspada harus selalu ditingkatkan. Asyiknya, jalur Pansela ini melewati 36 pantai yang cantik!

Pantainya pun terkenal seperti Pantai Congot, Pantai Pantai Pandansimo, Pantai Glagah, Pantai Parangtritis dan Pantai Soge. Ada juga Pantai Sawarna, Pelabuhanratu, Pantai Santolo sampai Pangandaran. Jadi, selamat menikmati perjalanan mudikmu, Dreamers!

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)