home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kisah Sosok Inspiratif Ali Banat, Miliarder Muslim Australia yang Sumbangkan Seluruh Hartanya

Jumat, 08 Juni 2018 11:31 by gsakareza | 2110 hits
Kisah Sosok Inspiratif Ali Banat, Miliarder Muslim Australia yang Sumbangkan Seluruh Hartanya
Image source: detik.com

DREAMERS.ID - Sumber inspirasi bisa datang dari mana saja, termasuk dari orang yang telah tiada. Ada satu kisah tentang seorang Muslim yang telah tiada yang bernama Ali Banat. Bahkan kisahnya sering dijadikan materi ceramah dalam sebuah pengajian untuk menginspirasi umat Muslim lainnya.

Ali Banat adalah pengusaha sukses asal Sydney, Australia, yang menyumbangkan seluruh harta yang ia miliki untuk kaum miskin di Afrika. Langkah ini dilakukannya sebelum meninggal dunia pada 29 Mei 2018, tiga tahun setelah didiagnosis mengidap kanker stadium empat.


Image source: detik.com

Banat dikenal sebagai pebisnis yang berhasil, yang memungkinkannya untuk menjalani gaya hidup yang mewah. Ia adalah kolektor mobil, jam tangan, sepatu, topi, dan kacamata mahal. Dilansir dari Detik (8/6), ia pernah punya mobil sport seharga US$600.000 atau sekitar Rp8,3 miliar dan gelang US$60.000 (Rp833 juta).

"Begitu tahu aku terkena kanker, saya melepas koleksi mobil, jam tangan, bahkan pakaian. Aku bawa semua pakaian saya dan saya serahkan ke orang-orang yang memerlukan ketika aku bepergian ke luar negeri. Aku ingin meninggalkan dunia tanpa satu pun harta benda," ungkapnya.


Image source: detik.com

Ia mendirikan yayasan sosial dengan tujuan mendirikan masjid, madrasah dan membantu para janda di benua tersebut. Lembaga sosial yang ia dirikan sekarang menggalang dana melalui internet dan telah terkumpul dana lebih dari US$1,6 juta atau sekitar Rp22 miliar. Dana tersebut dipakai untuk membangun fasilitas pendidikan dan membantu warga miskin di sejumlah negara.

(gbs)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)