home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hindari Terserang Penyakit Saat Mudik, Simak Tips Pencegahannya!

Kamis, 14 Juni 2018 18:00 by fzhchyn | 3733 hits
Hindari Terserang Penyakit Saat Mudik, Simak Tips Pencegahannya!
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Seluruh umat Muslim akan merayakan hari kemenangan. Tradisi mudik pun tak bisa lepas dari masyarakat Indonesia untuk berkumpul bersama sanak saudara dikampung halaman yang merupakan kebahagiaan tersendiri saat merayakan hari raya Idul Fitri.

Betapapun lelahnya perjalanan mudik yang cukup menguras stamina, orang tetap berbondong-bondong berangkat ke kampung halaman. Karena jauhnya perjalanan, tradisi mudik ini dapat menurunkan kekebalan tubuh. Berada dalam bus bisa sampai seharian penuh membuat tubuh tidak bebas bergerak dan menyebabkan badan pegal. Sehingga dalam perjalanan mudik rentan terserang penyakit.

Saat mudik rentan terserang berbagai penyakit. Selain kurangnya waktu istirahat, penggunaan fasilitas umum yang kadang tidak bersih dan banyak bakteri membuat tubuh mudah terserang infeksi. Dan inilah tiga penyakit paling umum yang dialami saat mudik dirangkum dari berbagai sumber.

1. Infeksi saluran pernapasan

Inilah penyakit yang paling umum menyerang saat mudik. Infeksi saluran pernafasan dikarenakan virus dan bakteri yang dihirup karena udara kotor. Hal ini biasanya terjadi karena saat mudik terjadi kontak dengan banyak orang, berdesak-desakan dan kondisi kekebalan tubuh sedang menurun.

Baca juga: Minat Berburu Flash Sale dan Diskon Tiket Mudik KAI? Cek Dulu Info Memesannya!

2. Diare

Diare dapat disebabkan oleh bateri yang masuk kedalam saluran pencernaan. Hal ini terjadi karena kurangnya perhatian terhadap kebersihan tangan saat mengkonsumsi makanan dalam perjalanan mudik. Kuman diare bisa ada pada wc umum, keran kamar mandi atau bahkan pegangan bus dan mengalami kontak langsung dengan benda-benda yang penuh bakteri.

3. Infeksi saluran kemih

Penyakit ini umumnya dialami oleh para wanita. Infeksi saluran kemih mudah menyerang karena wanita memiliki uretra atau saluran kemih yang bentuknya lebar, luruh dan lebih pendek dari laki-laki. Penyakit ini terjadi karena wanita lebih sering menahan buang air kecil saat mudik, serta kurangnya kebersihan air di toilet umum yang mengandung bakteri sehingga mengundang infeksi saluran kemih.

Itulah penyakit umum yang dijumpai saat mudik lebaran. Untuk mencegahnya penting untuk memperhatikan kebersihan. Saat mudik sediakan masker, tissue basah, serta hand sanitizer sebagai bentuk perlindungan dari bakteri dan kuman. Persiapan kecil ini sangat membantu agar perjalanan mudik dapat berjalan lancar.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)