home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Awas Hoax! Ini Dia Deretan Foto Palsu Tenggelamnya Kapal di Danau Toba

Selasa, 19 Juni 2018 11:51 by reinasoebisono | 10928 hits
Awas Hoax! Ini Dia Deretan Foto Palsu Tenggelamnya Kapal di Danau Toba
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Satu kapal dilaporkan terbalik dan tenggelam di perairan Danau Toba, Sumatera Utara pada Senin (18/6). Kapal tersebut bernama KM Sinar Bangun yang mana proses evakuasinya masih dilanjutkan pada Selasa (19/6) hari ini.

Menyusul peristiwa tersebut, tersebarlah beberapa foto yang mengklaim adalah momen detik-detik di mana kapal nahas tersebut tenggelam. Pemandangan mengerikan itu itu memperlihatkan puluhan orang berusaha menyelamatkan diri di samping kapal yang mulai tenggelam.

Namun harus berhati-hati dalam memproses informasi, Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan jika foto-foto yang beredar di media sosial itu adalah tidak benar alias hoax.


Image source: Kompas

Sutopo mengatakannya melalui akun Twitter pada hari Senin (18/6) kemarin via @Sutopo_PN. Ia pun mengonfirmasi jika foto yang beredar tersebut adalah foto tenggelamnya kapal yang ditumpangi imigran gelap yang bersumber dari mesin pencarian.

Baca juga: Jenazah Korban Ditemukan Kapal Tenggelam Sumenep Makin Bertambah Jadi Belasan Orang

"Lihat timeline twitter saya. Duluan saya infokan musibah kapal tenggelam di perairan Danau Toba. Lalu di medsos beredar luas foto-foto kapal tenggelam di Danau Toba. Setelah diverifikasi foto tersebut adalah foto imigran gelap yang ada di Google. Jadi tidak usah berpolemik," demikian Sutopo.

Hingga kini belum bisa dipastikan berapa jumlah penumpang kapal KM Sinar Bangun yang sebenarnya berangkat dari Pelabuhan Simanindo Kabupaten Samosir menuju Tigaras Parapat Kabupaten Simalungun.

Sayangnya, kata Sutopo lagi, Sutopo menyebutkan jika proses evakuasi korban tenggelamnya Kapal KM Sinar Bangun ini terkendala gelombang tinggi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Samosir, Taput, Karo, Tobasa, Humbahas, dan Simalungun dikerahkan untuk membantu evakuasi dan penanganan korban tenggelam kapal ini.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)