home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Instagram Diam-diam Siapkan Aplikasi Versi 'Lite' untuk Koneksi Internet Lambat

Jumat, 29 Juni 2018 07:10 by fzhchyn | 2359 hits
Instagram Diam-diam Siapkan Aplikasi Versi 'Lite' untuk Koneksi Internet Lambat
Image source: The Verge

DREAMERS.ID - Versi Lite atau ringan dari sebuah aplikasi memang tak bisa dinikmati fitur-fiturnya secara maksimal seperti aplikasi reguler. Namun versi ini sangat berguna jika memiliki jaringan internet yang lambat seperti di negara-negara berkembang.

Tampak mengerti bahwa pertumbuhan penggunanya akan berfokus di negara berkembang, Instagram pun diam-diam meluncurkan aplikasi Instagram Lite untuk pengguna Android. Aplikasi mini ini hanya berukuran 573 kilobytes atau sekitar 1/55 dari ukuran Instagram reguler.

Fitur yang tersedia juga sama seperti memberikan filter dan mengupload foto ke feed atau Stories, menonton Stories, dan menjelajahi tab Explore. Namun, versi Lite ini masih belum memiliki fitur upload video dan mengirimkan pesan langsung (DM) ke teman.

Baca juga: Jung Ho Yeon Resmi Jadi Aktris Korea dengan Followers Instagram Paling Banyak

Melansir TechCrunch, Instagram memastikan bahwa mereka sedang menguji Lite di Meksiko pada minggu ini. Tetapi Instagram tidak mengatakan apakah versi ini akan memiliki iklan atau tidak. "Kami sedang menguji versi baru Instagram for Android yang menggunakan lebih sedikit tempat di perangkat Anda, menggunakan lebih sedikit data, dan dapat dimulai lebih cepat," kata Instagram dalam keterangan resminya, mengutip Detik.

Adanya versi Lite ini akan mengatasi berbagai isu yang dihadapi oleh pengguna internet mobile di negara berkembang yang sering menggunakan perangkat yang sudah lawas dengan kapasitas penyimpanan kecil, koneksi internet yang lambat, atau tidak mampu untuk membeli paket internet yang besar. Pengguna juga tidak perlu untuk menghapus data atau aplikasi lain di smartphonenya untuk mengunduh Instagram.

Tren aplikasi mobile merilis versi Lite sedang meningkat belakangan ini. Facebook meluncurkan Facebook Lite pada tahun 2015 dan versi tersebut memiliki 200 juta pengguna pada thaun 2017. Uber juga baru saja meluncurkan versi Lite aplikasinya di India pada awal bulan ini.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)