home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Awas Hoax Lagi! Konfirmasi Foto Palsu KM Sinar Bangun di Dasar Danau Toba

Selasa, 26 Juni 2018 15:10 by reinasoebisono | 1817 hits
Awas Hoax Lagi! Konfirmasi Foto Palsu KM Sinar Bangun di Dasar Danau Toba
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Kasus tenggelamnya Kapal Sinar Bangun di Danau Toba masih diiringi berita hoax. Sebelumnya diberitakan, beredar foto-foto mengenaskan momen sebuah kapal terbalik dan tenggelam di mana ratusan penumpangnya berusaha menyelamatkan diri yang langsung diklarifikasi sebagai berita palsu.

Kini, melansir Kompas, muncul foto sebuah bangkai kapal di dasar air yang menyebutkan jika itu adalah KM Sinar Bangun yang berada di dasar Danau Toba. Pelurusan kabar soal kebenaran soal foto ini disampaikan kembali oleh Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho via akun Twitter resminya, Selasa (26/6).

“Beredar foto KM Sinar Bangun di dasar Danau Toba. Foto ini hoax. Foto editan. Hingga saat ini bangkai kapal belum ditemukan secara pasti. Apalagi difoto di dasar danau. Kedalaman dasar Danau Toba 490 meter, kondisi gelap, dingin dan belum ada alat/penyelam hingga di dasar danau," demikian twit Sutopo.

Baca juga: Ributnya Video Debat Sengit Luhut dan Ratna Sarumpaet Soal KM Sinar Bangun, Ternyata Bukan Hanya Berdua

Viralnya foto ini menyusul kabar ditemukannya dua objek di Danau Toba yang berjarak 2.5 kilometer dan 2 kilometer arah Barat Daya dari lokasi jatuhnya KM Sinar Bangun. Sementara pihak Basarnas masih terus menganalisa objek tersebut.

Sementara itu, berdasarkan data Posko SAR Gabungan di Pelabuhan Tigaras, total penumpang adalah 188 orang di mana 21 orang selamat sementara 3 orang di antaranya meninggal dunia. Hingga kini sebanyak 164 orang lainnya dinyatakan masih hilang.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)