home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Waspada, Generasi Trojan Serang Pengguna Macbook

Minggu, 24 Maret 2013 02:00 by miko | 1482 hits
Waspada, Generasi Trojan Serang Pengguna Macbook
citizenjurnalism.com

Bagi kamu pengguna Macbook kali ini akan semakin diserang oleh para penjahat cyber. Kabar terbaru, sebuah trojan generasi baru mencoba menjebak pengguna laptop OS X ini dengan pancingan berbagai trailer film.

Trojan bernama Yontoo ini menginfeksi pengguna Macbook dengan memasang plug-in palsu yang seolah-olah dibutuhkan untuk menonton potongan film. Setelah terinstal, bukan media player yang didapat, malah malware yang berhasil masuk.

Dilansir dari The Nextweb, Yantoo pertama kali ditemukan oleh perusahaan anti virus asal Rusia, Dr Web. Menurut mereka, selain plug-in palsu, malware ini menyamar sebagai perangkat lunak lainnya untuk meningkatkan kualitas video atau memperpendek waktu download.

Baca juga: Apple Rilis Mac Book Terbaru, Apa Bedanya?

Setelah pengguna terjebak, Yontoo menginstal sendiri pada Safari, Chrome dan Firefox, yang menjadi browser populer di kalangan pengguna Mac. Macbook yang terinfeksi akan mengirimkan data tentang pengguna ke server remote. Yontoo kemudian embeds kode ke situs yang dikunjungi, sehingga pengguna yang terinfeksi dipaksa melihat iklan.

Iklan tersebut akan terus muncul dalam bentuk pop-up. Bentuk iklan yang mengusung konsep pay-perclik ini menjadi ladang bagi penjahat untuk mengeruk uang. Belum ada informasi lebih jauh apakah trojan Yontoo ini hanya sekedar memaksa pengguna Mac untuk mengklik iklan berbayar atau mencuri data juga.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)