home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Disalahartikan, BPOM Rilis Surat Edaran Kental Manis Bukanlah Susu

Kamis, 05 Juli 2018 09:53 by mikhael | 3561 hits
Sering Disalahartikan, BPOM Rilis Surat Edaran Kental Manis Bukanlah Susu
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan surat edaran dengan nomor HK.06.5.51.511.05.18.2000 mengenai 'Label dan Iklan pada Produk Susu Kental dan Analognya'. Surat ini resmi dibuat BPOM setelah mengetahui banyak persepsi yang salah mengenai produk kental manis sebagai produk susu.

Seperti dilansir CNNIndonesia.com, surat edaran tersebut dibuat untuk melindungi para konsumen terutama para anak-anak.  Tak hanya itu, produk kental manis juga dilarang memvisualisasikan produknya dengan produk susu lain yang setara sebagai pelengkap gizi.


Produk susu itu antara lain susu sapi, susu yang dipasteurisasi, susu yang disterilisasi, susu formula, serta susu pertumbuhan.

“Terkait produk kental manis ini harus banyak disosialisasikan kepada masyarakat agar tidak terjadi kekeliruan lagi mengenai produk kental manis sebagai produk susu” Jelas Kepala BPOM, Penny Lukito.

Penny menambahkan bahwa terbitnya surat edaran itu bukan berarti dilarangnya produk kental manis untuk dikonsumsi, namun dia mengungkapkan harus disesuaikan dalam pemakaiannya.

Lebih lanjut, Penny menjelaskan adanya larangan bagi setiap iklan produk kental manis untuk menampilan anak-anak dengan usia kurang dari 5 tahun sebagai model iklannya.

Dalam surat ini juga, baik produsen, importir, maupun distributor harus mengikuti aturan-aturan yang tertera didalamnya paling  lambat 6 bulan sejak terbitnya surat tersebut.

(mdi)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)