home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penyebab Nining Depresi Ini Hilangkan Dugaan Tenggelam 1.5 Tahun di Laut Pelabuhanratu?

Kamis, 05 Juli 2018 10:15 by reinasoebisono | 9379 hits
Penyebab Nining Depresi Ini Hilangkan Dugaan Tenggelam 1.5 Tahun di Laut Pelabuhanratu?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Wanita yang diklaim keluarganya tenggelam dan hilang 1.5 tahun di Pantai Citepus, Pelabuhanratu, Nining Sunarsih (52) telah menjalani pemeriksaan dengan dokter spesialis kejiwaan. Hasilnya, wanita paruh baya itu mengalami depresi berat dan gangguan psikologis yang termasuk dalam kategori gangguan kejiwaan.

"Kondisi depresi berat dan gangguan psikosis masuk ke ranah gangguan kejiwaan. Bagaimana bisa seperti itu? Kami melihatnya sisi logis berdasarkan medis, bukan sisi alam gaib seperti ramai di luaran," tutur dokter spesialis jiwa RSUD R Syamsudin, Tommy Hermansyah mengutip Detik.

"Kondisi depresi berat bisa terjadi ketika orang dalam tekanan keadaan. Kalau menurut saya bila informasi benar ibu ini hilang 1,5 tahun, bu Nining ini berhasil survive lalu terdampar di suatu tempat. Selama itu dia makan sendiri, ngomong sendiri dan lain sebagainya," tutur Tommy.

Dari pengalaman Tommy, ia pernah menangani kasus serupa seperti Nining. Bedanya, orang tersebut mendapat kekerasan dari lingkungannya dan kabur ke hutan selama 4 tahun sebelum menjalani pengobatan.

"Pasien masuk dalam keadaan depresi berat, setelah menjalani perawatan akhirnya dia pulih dan bisa menceritakan apa yang dia alami selama empat tahun tersebut. Nah kami berharap kondisi serupa yang terjadi pada Bu Nining, beliau pulih dan bisa menceritakan kisah yang sebenarnya," ujar Tommy.

Baca juga: Polisi Selidiki Wanita Pasien Panti Mirip Nining yang Hilang 1.5 Tahun di Pelabuhanratu

"Gejala depresi berat itu beragam, ada yang ringan, sedang dan berat. Seperti yang tadi saya ungkap, ada yang bisa sembuh dari awalnya diam saja kemudian bisa berkomunikasi dan mengenali kembali lingkungannya," katanya.

Namun belum bisa dipastikan kebenaran soal ke mana hilangnya Nining selama 1.5 tahun ini. Polisi masih fokus pada penyelidikan dari segala sisi, termasuk dengan pihak panti yang viral dulunya memiliki pasien yang berwajah mirip Nining.

es

https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4097643/ini-penyebab-nining-depresi-berat-setelah-hilang-15-tahun?_ga=2.240933507.1074519647.1530605871-1626975854.1516853690

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)