home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kronologi Evakuasi Dramatis Tim Sepak Bola Anak Thailand yang Terjebak di Gua Tham Luang

Senin, 09 Juli 2018 11:05 by reinasoebisono | 2939 hits
Kronologi Evakuasi Dramatis Tim Sepak Bola Anak Thailand yang Terjebak di Gua Tham Luang
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Dari 12 anggota tim sepak bola anak Thailand dan satu pelatihnya, dilaporkan sebanyak empat bocah yang terjebak di gua Tham Luang telah berhasil dikeluarkan dengan selamat pada Minggu (8/7). Mereka berhasil keluar beberapa saat setelah matahari terbenam.

Melansir Liputan6, empat orang anak itu dibimbing keluar oleh para penyelam melalui lorong-lorong gua hingga mulur gua yang memakan waktu sekitar 2 jam. Tim penyelamat memang bergerak cepat memanfaatkan jeda hujan untuk melakukan misi penyelamatan tersebut.

Operasi penyelematan dramatis itu dilakukan oleh 90 penyelam ahli di mana 40 orang Thailand dan 50 lainnya adalah gabungan dari relawan internasional. Proses evakuasinya disebut melelahkan dan meliputi fase panjang.

Menggunakan masker seluruh wajah untuk pemula, setiap korban didampingi keluar oleh dua orang penyelam yang membawa tabung udara. Namun ada bagian tersulit yang terletak sekitar setengah jalan keluar gua yang desebut ‘T-Junction’ karena jalurny menjadi sangat sempit.

Baca juga: Band Hits Thailand Akan Manggung di Jakarta! Intip Detail Konsernya

Karena itu para penyelam terpaksa melepas sementara tabung udara agar bisa lewat. Baru setelahnya memasuki sebuah area bernama Chamber 3 yaitu sebuah ruang lapang sebelum tanjakan untuk beristirahat sejenak dan mengatur napas.

Empat bocah yang berhasil keluar itu pun langsung dibawa ke rumah sakit di Chiang Rai untuk mendapat perawata intensif. Namun penyelamatan selanjutnya harus ditunda untuk mengganti tanki udara yang tetap dipercepat sebelum kemungkinan buruk banjir kembali memenuhi gua.

Sayangnya, misi penyelamatan itu sempat memakan korban ketika seorang mantan penyelam angkatan laut kerajaan Thailang bernama Saman Gunan meninggal dunia pada Jumat (6/7). Ia kembali dari misi peyelamatan untuk mengisi tabung oksigen, namun tiba-tiba tak sadarkan diri dan menghembuskan napas terakhirnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)