home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hoax atau Fakta? Seorang Pria di Kalimantan Viral Dikabarkan Bangkit Dari Kubur

Kamis, 12 Juli 2018 17:03 by mikhael | 8748 hits
Hoax atau Fakta? Seorang Pria di Kalimantan Viral Dikabarkan Bangkit Dari Kubur
Image Source: Detik

DREAMERS.ID - Viral sebuah berita yang menampilkan foto seorang pria terkubur di tanah dan disebut-sebut bangkit dari kubur. Kabarnya, pria tersebut meninggal karena tersetrum listrik, namun kembali hidup karena dikubur di tanah. Begitu menurut kabar yang beredar.

Namun berita semacam ini harus diklarifikasi terlebih dulu karena sering meresahkan bahkan menimbulkan perbincangan banyak orang. Dengan sedikit sentuhan teknologi, saat ini siapapun bisa mengunggah suatu kejadian tanpa melewati meja redaksi.

Melansir Detik, dari video yang tersebar di Facebook, terlihat seorang pria bertelanjang dada tampak mengubur korban sebagian badan dengan lumpur. Dia juga melumuri korban menggunakan lumpur tersebut. Peristiwa ini disebut terjadi di Desa Sungai Purun Kecil, Sungai Piyuh, Kalimantan Barat.


Image source: Detik

"Subhanallah....Kejadian di Pontianak. Orang kesetrum yang dikatakan sudah mati. Langsung dikubur dalam tanah yang basah, bisa hidup lagi. Mungkinkah ini bisa jadi pelajaran salah satu cara, kalau orang kesetrum itu pertolongan pertama di kubur dalam tanah basah ya??" isi posting-an yang beredar pada Kamis (12/7). 

Baca juga: Bicara ‘Ngawur’ Preskon Joe Biden Sampai Dihentikan Staf

Mengkonfirmasi kejadian tersebut ke Polda Kalimantan Barat, Kapolda Kalbar Irjen Didi Haryono mengatakan korban yang bernama Susanto benar mengalami kecelakaan kerja, yakni tersetrum listrik.

"Pada saat kejadian, korban sedang melakukan pemasangan atau pengelasan kanopi di depan bengkel mobil 'Aneka Jaya' karena jarak kanopi yang dibuat terlalu dekat dengan kabel bidar utama/kabel TM (jaringan listrik) sehingga menyebabkan korban kesetrum," ujar Didi

Namun ternyata kabar kematian itu hanyalah kebohongan semata karena sebenarnya pria itu masih setengah hidup pada saat dikubur dalam lumpur. Sesuai penjelasan Didi, tindakan tersebut adalah sebagai bentuk pertolongan pertama untuk menghilangkan reduksi listrik dibadannya. 

(mdi)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)