home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Peringatan dari Menteri Tenaga Kerja, Isi Media Sosial Kita Bisa Pengaruhi Penerimaan Kerja!

Kamis, 19 Juli 2018 10:30 by reinasoebisono | 932 hits
Peringatan dari Menteri Tenaga Kerja, Isi Media Sosial Kita Bisa Pengaruhi Penerimaan Kerja!
Image source: IDN Times

DREAMERS.ID - Dunia digital seperti media sosial zaman sekarang sudah jadi gaya hidup bahkan kebutuhan yang tak bisa dipisahkan dari masyarakat. Dengan segala manfaat baik dan buruknya, media sosial masih belum bisa dijaga terkait konten dan apa saja yang diunggahnya dengan ketat.

Berangkat dari kebebasan bersuara dan berekspresi, pengguna media sosial kini bisa mengutarakan apa yang di benaknya. Dan ternyata, nantinya isi media sosial pribadi itu akan bisa menjadi penilaian dalam penerimaan kerja.

Karena Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dakhiri mengingatkan jika sosok asli seseorang akan terlihat dari jejak komunikasinya di media sosial. Hanif sendiri mengaku menerapkan cara tersebut dalam menilai pencari kerja, termasuk para bawahannya.

"Di masa depan sosial media itu paspor untuk kita, kenapa? karena itu cerminan jati diri kita nanti di masa depan. Siapa kita akan tercermin dari situ," kata Hanif melansir Detik.

Baca juga: 5 Manfaat Positif dari Melakukan 'Digital Detox', Apa Itu?

"Jadi seperti saya, saat ada mutasi kerja, maka saya tidak hanya lewat wawancara, wawancara kan pasti bagus, semua manis pinter-pinter. Saya akan buka socmed-nya, keluarlah nanti itu jelek jeleknya, nama binatang dan sebagainya," ucapnya.

Karena bagaimana pun, seseorang pasti akan berlaku bagus dan manis saat wawancara penerimaan kerja. Sedangkan media sosial di Indonesia kini sangat dominan. Hanif pun mengajak untuk mendidik anak-anak agar lebih memperhatikan medsos dengan baik dari sisi kegunaan, manfaat, kekurangan, dan bahayanya.

"Sehingga kita ini tidak sembarangan saat masuk ke media sosial, kita ini tanpa pembelajaran mendapat media sosial ini, seperti halnya kita tanpa belajar naik motor lalu mengendarai motor ya pasti nabrak nabrak," ujarnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)