home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Nekat, Ketum Partai Golkar Putuskan Kader Mantan Koruptornya Maju Nyaleg!

Sabtu, 21 Juli 2018 11:10 by mikhael | 2237 hits
Nekat, Ketum Partai Golkar Putuskan Kader Mantan Koruptornya Maju Nyaleg!
Image Source: Merdeka

DREAMERS.ID - Keputusan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartanto menuai pro kontra khususnya bagi proses pencegahan dan penegakan tindak korupsi di Indonesia. Sebelumnya, orang yang sekaligus menjabat menteri Perindustrian itu tetap memutuskan kadernya yang pernah menjadi mantan koruptor untuk maju sebagai caleg.

Hal itu sangat bertentangan dengan aturan KPU. Melansir liputan6, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memastikan bahwa partainya tetap mengusung Ketua DPD I Golkar Aceh Teuku Muhammad Nurlif dan Ketua Harian DPD I Golkar Jawa Tengah Iqbal Wibisono sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pileg 2019 mendatang.

Meski kedua kader tersebut pernah terjerat kasus korupsi, tetapi Airlangga menganggap mereka memiliki basis pemilih yang banyak.

Baca juga: Tanggapan Presiden Jokowi Terkait Ditangkapnya Menteri KKP Edhy Prabowo Oleh KPK

"Tentu dia mempunyai konstituen, untuk menjadi ketua DPD kan juga hasil daripada pemilihan bukan penunjukan," kata Airlangga di lompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (20/7)

Tindakan Airlangga itu pun mendapat reaksi dari Jubir KPK Febri Diansyah. Ia menganggap keputusan itu adalah sikap melanggar aturan KPU, yang mana setiap mantan koruptor dilarang maju sebagai caleg. Namun ia (febri) tak dapat berbuat apapun, karena dalam hal ini KPK bukanlah pihak yang berwenang dalam mengintervensi itu.

“Ketika partai politik mengajukan calon anggota legislatif, sementara ada aturan KPU yang membatasi pencalonan untuk terpidana kasus korupsi, maka dibutuhkan ketegasan KPU. Jika memang ada calon terpidana kasus korupsi diajukan dan tidak sesuai aturan KPU maka tinggal dicoret saja atau tidak disetujui," jelas Febri.

(mdi)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)