home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Lho Alasan Logis Kepolisian Akan Ganti Pelat Kendaraan Jadi Warna Putih

Jumat, 27 Juli 2018 12:10 by reinasoebisono | 1074 hits
Begini Lho Alasan Logis Kepolisian Akan Ganti Pelat Kendaraan Jadi Warna Putih
Image source: Viva

DREAMERS.ID - Umumnya kini, kendaraan di Indonesia memiliki pelat nomor berwarna hitam dengan tulisan putih. Meski untuk beberapa golongan ada yang berwarna kuning, merah atau pun putih. Nantinya, ternyata ada rencana untuk mengganti ke warna baru.

Melansir Viva, pelat nomor kendaraan bermotor model baru itu akan memiliki warna dasar putih dengan kombinasi hitam pada tulisan angka dan hurunya. Informasi ini sempat viral beberapa waktu lalu di media sosial dan memang diamini oleh pihak kepolisian.

"Kalau bicara dari sudut pandang safety di jalan raya, kemampuan mata membaca warna khususnya dari jarak jauh  adalah warna-warna yang didominasi oleh putih, kuning, kemudian merah, enggak ada hitam," kata Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu.

TNKB atau nomor polisi yang memiliki warna dasar putih akan terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan pelat nomor yang dipakai semua kendaraan saat ini, yaitu warna dasar hitam. Selain itu, penggunaan warna pelat nomor kendaraan di berbagai negara menggunakan warna dasar putih dengan kombinasi huruf dan angka yang diberi warna lain.

"Dari sisi visibilitas ini jelas membantu. Kalau memang benar diterapkan, saya rasa bisa lebih mudah dideteksi oleh mata maupun kamera pengawas di jalan raya," ucapnya. "Di luar Indonesia, kebanyakan warna dasarnya putih, kemudian tulisannya merah, biru, atau hijau. Jadi warna yang paling menonjol yang memang dominan putih,"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)